3 Manfaat Sehat Minum Kopi Hangat

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Siapa nih yang lebih suka menikmati kopi hangat? Menyeduh kopi dengan air panas lalu meminumnya selagi hangat bisa jadi kenikmatan sendiri. Bahkan mengawali hari dengan secangkir kopi hangat bisa menjadi mood booster kita.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Minum kopi bisa memberi sejumlah manfaat. Kopi yang diseduh air panas atau kopi yang diberi es batu, keduanya memberi manfaat masing-masing saat diminum. Kali ini kita akan membahas tiga manfaat sehat yang bisa kita dapat dengan minum kopi hangat. Apa saja? Berikut keterangannya.

1. Kopi Panas Mengandung Lebih Banyak Antioksidan

Dilansir dari bustle.com, dalam sebuah penelitian tahun 2018 yang dipublikasikan di Scientific Reports, para peneliti dari Thomas Jefferson University menemukan perbedaan senyawa pada kopi panas dan kopi dingin. Kopi panas memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi sehingga lebih menyehatkan. Menurut Dr. Nikola Djordjevic, MD dari DisturbMeNot, manfaat kandungan antioksidan pada kopi meliputi menurunkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, penyakit lever, diabetes, dan kematian dini. Dengan mendapatkan kandungan antioksidan dari kopi, maka kita bisa memiliki tubuh yang lebih sehat.

2. Membuat Suasana Hati Lebih Baik

Dalam sebuah penelitian tahun 2009 yang dipublikasikan di jurnal Science disebutkan bahwa merasakan kehangatan secara fisik, seperti memegang cangkir kopi panas dapat meningkatkan perasaan yang nyaman dalam diri. Secangkir kopi panas di pagi hari pun bisa menghadirkan suasana hati yang lebih positif. Dalam serangkaian penelitian, peneliti membagi peserta dalam dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk memegang secangkir kopi dan kelompok yang lain diminta memegang gelas es kopi. Peserta yang memegang cangkir kopi panas tampak bisa melihat orang-orang di sekitarnya sebagai orang yang baik, peduli, dan hangat. Selain itu, mereka juga lebih suka memberikan kado untuk teman-temannya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
3. Meredakan Stres

Terkadang malah kita tak perlu minum kopi untuk mendapatkan manfaatnya. Sebuah penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa aroma kopi bisa memengaruhi aktivitas gen-gen tertentu di otak. Dalam sebuah penelitian pada tikus yang kurang tidur, para peneliti menemukan ekspresi gen berbeda pada tikus yang dapat mencium aroma kopi dan yang tidak. Hanya dengan mencium aroma kopi, dampak negatif kurang tidur seperti stres dan lelah bisa berkurang. Penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk membuat kesimpulan yang pasti mengenai efek aroma kopi pada manusia.

Secara garis besar, mengonsumsi kopi dalam batas wajar bisa memberi manfaat positif untuk kesehatan. Imbangi juga dengan pola hidup sehat untuk mendapatkan tubuh yang senantiasa bugar dan tidak gampang sakit.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.