4 Penyebab Tubuh Mudah Memar padahal Tidak Cedera

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Memar disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Biasanya terjadi saat kita cedera atau tubuh kita membentur sesuatu yang membuat pembuluh darah pecah. Area tubuh yang memar akan tampak kebiruan dan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tapi pernahkah menjumpai area tubuh kita yang mudah memar atau lebam padahal kita tidak cedera atau terluka? Penyebab tubuh mudah memar ini bisa karena sejumlah hal. Seperti hal-hal berikut ini.

1. Obat-obatan yang Dikonsumsi

Obat-obatan tertentu bisa memengaruhi cara darah bekerja dan bisa membuat tubuh gampang memar. Dilansir dari shesaid.com, obat-obatan anti inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin dapat memengaruhi kemampuan darah dan membuat kita dapat rentan mengalami memar. Pil KB juga bisa membuat tubuh kita mudah memar. Selain itu, steroid juga bisa memengaruhi kekuatan dan kesehatan pembuluh darah. Mudah memar merupakan salah satu gejala paling umum dari penggunaan steroid.

2. Pola Makan Buruk

Kekurangan vitamin juga bisa jadi penyebab seseorang mudah memar. Khususnya kekurangan vitamin C dan vitamin D. Kekurangan vitamnin C dapat memengaruhi kekuatan pembuluh darah. Selain itu, kekurangan protein juga dapat membuat kita rentan mengalami memar atua lebam sebab memengaruhi kekuatan kolagen di kulit dan pembuluh darah. Kolagen berfungsi untuk membuat kulit kuat, sehingga jika kolagen yang kita miliki sedikit maka kita jadi mudah mengalami memar.

3. Usia

Ya, usia juga bisa jadi faktoryang menyebabkan kita mudah memar. Semakin bertambah usia, semakin banyak lemak dan kolagen di lapisan kulit kita yang hilang. Karena perlindungan untuk pembuluh darah semakin menurun, maka kita jadi rentan mengalami memar.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
4. Genetik

Faktor genetik juga bisa membuat seseorang mudah memar. Misalnya, pembuluh darah yang rapuh karena faktor genetik dapat membuat seseorang mudah memar. Bila selama ini kita sering mengalami memar padahal tidak cedera atau terluka, bisa coba cari tahu apakah ada kerabat dan anggota keluarga lain yang mengalami hal yang sama. Bila iya, maka ada kemungkinan penyebabnya adalah faktor genetik.

Bila kondisi tubuh mudah memar dibarengi dengan gejala lain seperti sering mimisan, gusi berdarah, dan keluar darah saat buang air besar, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.