China Siap Perang Terkait Taiwan, Militer AS Kirim Kapal



     “Transit (kapal) melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Komandan Clay Doss, juru bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, mengutip Reuters, Kamis (25/7/2019).



"Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional," tambahnya.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan kapal AS berlayar ke utara melalui Selat Taiwan.

"Taiwan tidak kompromi soal kebebasan, demokrasi dan kedaulatannya," kata Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

“Tanggung jawab untuk stabilitas lintas selat dan regional ada di tangan setiap pihak. China memiliki tanggung jawab, dan kami juga akan mengambil tanggung jawab kami,” kata Tsai kepada wartawan di Taipei.

Taiwan memisahkan diri dari China pada 1949 setelah berlangsungnya perang saudara. China menawarkan Taiwan untuk kembali ke China dengan imbalan satu negara dua sistem tapi usulan itu ditolak oleh Taiwan.

Sebelumnya, juru bicara kementerian pertahanan China Wu Qian mengatakan bahwa China akan melakukan upaya apa pun untuk menyatukan Taiwan degna China.

"Jika ada orang yang berani mencoba memisahkan Taiwan dari negara China, militer China siap berperang untuk menjaga kedaulatan nasional, persatuan dan integritas teritorial," katanya.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.