Hujan Lebat Landa Jepang Barat Daya, 800.000 Penduduk Diperintahkan Evakuasi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sekitar 800.000 penduduk dari tiga kota di Prefektur Kagoshima, Jepang barat daya diperintahkan untuk evakuasi, pada Rabu (3/7/2019).
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Perintah evakuasi dikeluarkan menyusul hujan lebat yang meningkatkan risiko banjir dan tanah longsor di tiga kota, yakni Kagoshima, Kirishima, dan Aira.

Peringatan tersebut dikeluarkan Badan Meteorologi Jepang untuk wilayah barat daya dan barat, serta berlaku hingga Kamis (4/7/2019).

Selain perintah evakuasi di tiga kota, sekitar 310.000 warga di delapan kota lain di Prefektur Kagoshima dan Prefektur Miyazaki yang bertetangga juga disarankan untuk mengungsi.

Wilayah Kyushu, yang meliputi Kagoshima dan bagian lain di Jepang barat daya dan barat, diperkirakan bakal menerima hujan 80 milimeter atau lebih per jam, dengan beberapa daerah kemungkinan menerima satu bulan curah hujan dalam 24 jam.

Badan Meteorologi Jepang telah menggelar konferensi pers darurat selama dua hari berturut-turut untuk mendesak warga melindungi diri mereka sendiri. 

Peringatan khusus juga akan dikeluarkan untuk wilayah lain di Prefektur Kumamoto dan Kagoshima, serta kemungkinan daerah lain, apabila curah hujan terus meningkat hingga mencapai level tertinggi dalam beberapa dekade. 

Peringatan serupa telah dikeluarkan untuk Jepang bagian barat saat diterjang hujan lebat pada Juli lalu, dengan tanah longsor dan banjir menyebabkan lebih dari 200 orang tewas, sebagian besar di Prefektur Hiroshima, Okayama, dan Ehime. 

"Mohon segera ambil tindakan untuk melindungi hidup Anda," ujar Perdana Menteri Shinzo Abe meminta penduduk di daerah yang terkena dampak hujan lebat. Perdana menteri dalam pertemuan kabinet juga menginstruksikan menteri untuk bersiap menghadapi bencana dan sepenuhnya memberi respons. 

Hingga pukul 06.00 pagi pada Kamis (4/7/2019), Badan Meteorologi Jepang memperkirakan curah hujan hingga 350 milimeter di Kyushu selatan, 300 milimeter di Kyushu utara, dan hingga 250 milimeter di wilayah Shikoku.

Wilayah Kinki, yang meliputi Osaka, diperkirakan akan mendapatkan 150 milimeter hujan, sedangkan wilayah Tokai yang berpusat di Nagoya, diperkirakan akan mencapai 120 milimeter. 

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Wilayah Chugoku di sekitar Hiroshima, dan daerah Hokuriku yang menghadap ke Laut Jepang, juga diperkirakan akan mengalami hujan lebat, menurut badan tersebut, seperti dikutip Kyodo News. 

Diperkirakan hujan lebat akan tetap melanda wilayah kepulauan Jepang barat hingga Sabtu, dan kemungkinan akan bergerak ke wilayah timur.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.