KJRI Kuching Siap Dampingi TKI yang Pose dengan Macan Dahan Dikuliti

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Konsulat Jenderal RI (KJRI) Kuching bergerak cepat setelah foto pria berpose dengan macan dahan yang dikuliti viral di media sosial. KJRI Kuching berkoordinasi dengan aparat berwenang setempat terkait kasus tersebut.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Sejak viral 2 hari yang lalu, kita coba kordinasi dengan counterpart kita termasuk PDRM jajaran IPK (Ibu Pejabat Polis - setingkat Polda) Serawak dan menyampaikan mereka belum ada melakukan penyelidikan maupun penyidikan terkait berita yang viral ini," kata Konjen RI Kuching, Yonni Tri Prayitno, saat dihubungi, Rabu (3/7/2019) malam.

Selain itu, KJRI Kuching juga berkoordinasi dengan Ibu Pejabat Daerah (IPD), pihak kepolisian setingkat polres. Namun IPD juga belum mencatat adanya penyelidikan kepolisian terkait foto viral macan dahan dikuliti.

Tak berhenti di situ, KJRI Kuching juga berkoordinasi dengan Jabatan Perlindungan Hidupan Liar dan Taman Negara (Perhilitan).

Diketahui, salah satu pria yang berpose dalam foto tersebut ialah tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Rega Saputra. Yonni mengatakan KJRI akan memastikan Rega mendapatkan hak-haknya.

"Bila ini kemudian meningkat ke tahap penyidikan, sebagaimana tupoksi kita salah satunya adalag perlindungan WNI maka tetap kita atensi. Atensi dalam bentuk pendampingan guna memastikan hak-haknya (walaupun sebagai tersangka) dapat terpenuhi," tutur Yonni.

Polri menyerahkan penyelidikan foto viral pria berpose dengan macan dahan yang dikuliti ke Kepolisian Diraja Malaysia. Polri terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian Malaysia.

"Ya nggak, kan locus dan tempus (delicti)-nya di Malaysia. Jadi kepolisian Malaysia yang menangani. Karena itu satwanya mereka," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi terpisah, Rabu (3/7/2019) malam.

Pria tersebut diketahui tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Rega Saputra. Rega mengaku secara spontan berfoto saat melihat warga lokal menguliti macan.

Dedi mengatakan kasus ini akan ditangani kepolisian Malaysia.
 https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

"Ya, kemungkinan misalnya ada keterlibatan yang bersangkutan terhadap suatu peristiwa tersebut. Minimal dia sebagai saksi," ujar Dedi.

Foto macan dahan dikuliti viral beberapa hari lalu di media sosial. Ada tiga foto yang viral tersebut, satu di antaranya memperlihatkan seorang pemuda yang sedang memegang hewan yang telah dikuliti. Pemuda tersebut tak lain adalah Rega.

Sumber:detiknews

No comments

Powered by Blogger.