Selain Minum Air, Ini 5 Cara Mudah Menambah Asupan Cairan Tubuh



      Saat musim panas, sangat penting menghidrasi tubuh dengan banyak cairan. Selain minum air, ada cara mudah dan menyenangkan untuk menghidrasi tubuh. 



Di musim panas tubuh sangat mudah kekurangan cairan. Terutama jika Anda menjalani aktivitas padat dari pagi hingga malam hari. Tubuh manusia dewasa sendiri terdiri atas 60% air, dan menjaganya tetap terhidrasi merupakan hal yang sangat penting. 

"Air sangatlah penting untuk keseluruhan kesehatan, terutama selama bulan-bulan yang lebih panas ini ketika kita berada di bawah sinar matahari lebih dari biasanya dan menyadari bahwa kita lebih berkeringat," ujar Brigitte Zeitlin, seorang pakar nutrisi. 

Jika Anda belum terbiasa meminum air mineral dengan jumlah yang cukup, cobalah 5 cara mudah ini untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh yang dilansir dari US News (7/7). 

1. Mengonsumsi sayuran 

20% kebutuhan air dalam tubuh kita dapat terpenuhi dengan cairan yang berasal dari makanan. Menurut Mangieri dari National Institutes of Health, buah dan sayuran sangatlah tinggi kandungan airnya. Anda dapat menjaga tubuh tetap mendapatkan cairan dengan memakan buah atau sayur yang mengandung 85% air. 

Sayuran yang dapat anda coba adalah mentimun dan selada yang mengandung 96% air atau sayuran lainnya seperti lobak (95% air), tomat (94% air) dan bunga kol, paprika serta bayam (92% air).

2. Mengonsumsi buah khas musim panas

Saat memasuki musim panas, pasar dan swalayan akan dipenuhi buah-buahan khas musim panas. Seperti buah stroberi dan semangka yang mengandung 92% air. Blewah juga dapat menjadi pilihan karena memiliki 90% kandungan air serta peach yang mengandung 88% air. Buah tropis seperti nanas dan jeruk juga mengandung setidaknya 88% air dan rasanya enak. Namun harus lebih diperhatikan karena buah bukan hanya mengandung air yang banyak tetapi juga kandungan gula yang tinggi. 

3. Meminum es kopi 

Salah satu isu yang populer mengenai kopi adalah sifatnya yang dapat mengurangi cairan tubuh. Namun anggapan ini dapat dibantah dengan fakta yang menunjukkan bahwa kopi tidak mengurangi cairan tubuh. Secangkir kopi di pagi hari mengandung 98% air yang cukup untuk menghidrasi tubuh. 

Namun Anda harus memperhatikan jumlah asupan kopi karena kandungan kafein tinggi dapat menyulitkan tidur di malam hari. Sebaiknya konsumsi sekitar 1-2 cangkir kopi saja setiap hari. 

4. Minum air kelapa 

Saat merasa haus, cobalah meminum air kelapa yang terbukti menganduung elektrolit dan rendah kalori. Cairan yang terbentuk dalam buah kelapa ini mengandung lebih banyak potasium dan sodium yang rendah. Bahkan air kelapa juga mengandung karbohidrat yang dapat menjadi asupan tambhanan. 

5. Beragam jus buah 

Jus buah dan sayur memungkinkan tubuh untuk mendapatkan cairan dan menyerap nutrisi yang bermanfaat. Segelas jus buah di pagi hari dapat menyegarkan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan buah harian Anda. Jus apel dan jus jeruk mengandung jumlah gula yang banyak, tambahkanlah setengah cangkir air untuk menyeimbangkannya. Pakar merekomendasikan untuk meminum jus delima karena rasanya lezat dan kandungan potassiumnya bermanfaat. 

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.