Sopir Diduga Tertidur, Bus di India Masuk Jurang dan Tewaskan 29 Orang

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


Sebanyak 29 orang tewas setelah bus yang mereka tumpangi tergelincir keluar dari jalan tol dan masuk ke jurang di kawasan utara India. Diwartakan AFP Senin (8/7/2019), bus itu membawa lebih dari 50 penumpang dan melewati tol Yamuna ketika tiba-tiba menabrak pagar jalan dan jatuh di ketinggian 12 meter ke kanal drainase. 

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Bus itu bertolak dari Lucknow di Uttar Pradesh menuju Delhi dengan kecelakaan terjadi sebelum Subuh di 20 km dekat Agra, kota yang menjadi lokasi Taj Mahal.

Adapun menurut penuturan polisi setempat, 18 orang terluka dengan di antaranya kritis di jalur Yamuna yang dikenal sebagai "Jalan Tol Neraka" karena sering terjadi kecelakaan di sana. Warga setempat mengaku mereka langsung terbangun begitu mendengar suara tabrakan, dan melihat bus yang hancur mulai tenggelam dalam air berwarna hitam. 

"Kami bergegas keluar dari rumah dan melihat ada orang berteriak minta tolong," ujar seorang warga. Dia berkata, masyarakat langsung memberikan pertolongan. Mereka berusaha menyelamatkan penumpang sebanyak mungkin ketika polisi datang dan membawa crane. Meski begitu, air yang mengalir menyulitkan upaya penyelamatan. Kepala Polisi Agra Bablu Kumar menjelaskan, mereka masih mendalami penyebab kecelakaan. "Namun, nampaknya sopir bus itu tertidur," paparnya dilansir Asia One. 

Sementara pejabat lain menerangkan para penumpang diyakini sedang tidur ketika sopir kehilangan kendali yang membuat bus tersebut terjun ke jurang. Menteri Utama Uttar Pradesh Yogi Adityanath langsung memerintahkan penyelidikan, dan berjanji memberi santunan 500.000 rupee, sekitar Rp 102,9 juta, bagi korban tewas. 

"Komite yang ditunjuk bakal memberikan laporan penyebab kecelakaan disertai anjuran jangka panjang untuk memastikan insiden serupa tak terjadi," tutur salah satu pejabat, Awanish Awasthi. Berdasar data resmi, jalanan India merupakan salah satu yang mematikan di dunia, dengan 464.910 kecelakaan yang menewaskan 148.000 orang sepanjang 2017. 

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Sementara jalan tol Yamuna awalnya merupakan simbol modernitas ketika dibuka, karena mempercepat perjalanan dari ibu kota Delhi ke daerah utama yang lain. Namun merujuk informasi organisasi keselamatan di jalan Save Life Foundation, terdapat 763 kecelakaan yang mengakibatkan 145 kematian pada 2017. "Kecelakaan itu bisa jadi karena faktor kesalahan mobil atau manusia. Namun kebanyakan terjadi karena infrastruktur jalan yang tidak bagus," ujar pendiri organisasi, Piyush Tiwari.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.