Tragis! Balita Asal AS Tewas Usai Terjatuh dari Kapal Pesiar



      Tragis! Seorang balita asal Amerika Serikat (AS) tewas setelah terjatuh dari dek kapal pesiar milik Royal Caribbean. Insiden tak diduga ini terjadi saat kapal pesiar ini sedang berlabuh di San Juan, Puerto Rico.



Seperti dilansir CNN, Selasa (9/7/2019), balita perempuan berusia 18 bulan itu sedang bermain dengan kakeknya di aula makan yang ada di dek (geladak) nomor 11 pada kapal pesiar bernama Freedom of the Seas. Area makan itu memiliki jendela-jendela besar dengan salah satu jendela terbuka saat insiden ini terjadi. 

Dituturkan juru bicara Otoritas Pelabuhan Puerto Rico, Jose Carmona, bahwa balita itu awalnya didudukkan di jendela kapal oleh sang kakek. Namun sang kakek tiba-tiba kehilangan keseimbangan dan balita itu terjatuh ke bawah. 

"Sangat disayangkan, dia (balita-red) meninggal seketika," sebut Carmona. 

Diketahui bahwa balita perempuan itu bepergian dengan orangtuanya, saudara-saudaranya dan kakek-neneknya. Keluarga balita itu menumpang kapal pesiar yang bisa menampung lebih dari 4.500 penumpang, termasuk awak tersebut. 

Kapal pesiar ini dijadwalkan kembali berlayar untuk melanjutkan perjalanan pada Minggu (7/7) malam sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Insiden balita itu terjatuh terjadi pada pukul 17.00 waktu setempat.

"Kami sangat sedih atas insiden tragis kemarin, dan hati kami tertuju untuk pihak keluarga (balita itu)," demikian pernyataan Royal Caribbean Cruises, salah satu perusahaan pelayaran pesiar terbesar di dunia yang memiliki kapal pesiar ini.

"Kami mengerahkan Care Team kami untuk membantu pihak keluarga dengan segala hal yang dibutuhkan. Untuk menghormati privasi mereka, kami tidak akan berkomentar lebih lanjut soal insiden ini," imbuh pernyataan itu.

Kepolisian setempat tengah menyelidiki insiden ini secara menyeluruh. Carmona menyebut, penyelidikan tahap awal menunjukkan insiden ini murni kecelakaan.

Jenazah balita itu dibawa ke unit forensik di San Juan untuk diautopsi.

Ayah balita ini, yang tidak disebut namanya, diketahui merupakan seorang polisi di wilayah South Bend, India AS. Departemen Kepolisian South Bend menyampaikan 'duka mendalam' untuk ayah balita ini dan keluarganya.

Insiden terjatuh dari kapal pesiar semacam ini pernah terjadi beberapa kali. Pekan lalu, seorang awak kapal pesiar Carnival Victory dilaporkan terjatuh ke lautan saat kapal pesiar itu berlayar di titik sekitar 48 kilometer sebelah barat laut Kuba. Patroli Pantai AS melakukan pencarian terhadap awak kapal pesiar berusia 37 tahun itu namun tidak membuahkan hasil. Pencarian dihentikan sementara setelah berlangsung selama lebih dari 45 jam. 

Terkait insiden semacam ini, Patroli Pantai AS sangat menyarankan kepada para penumpang untuk mematuhi seluruh aturan dan protokol keselamatan yang berlaku.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.