Alasan Headphone Jack 3,5mm Absen di Samsung Galaxy Note 10



    Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus ke publik. Untuk kali pertama, Samsung memilih untuk tidak menghadirkan headphone jack 3,5mm di kedua perangkat tersebut.



Keputusan ini jelas menimbulkan tanda tanya sejumlah konsumen, mengapa Samsung memilih menanggalkan headphone jack 3,5mm.

Padahal, Samsung merupakan salah satu perusahaan yang masih mempertahankan headphone jack di smartphone premiumnya, di saat perusahaan lain tidak lagi menyediakan port tersebut.

Ternyata, menurut penuturan salah satu perwakilan Samsung, absennya headphone jack di Galaxy Note 10 bukannya tanpa alasan.

Dikutip dari The Verge, Jumat (9/8/2019), Samsung memilih tidak menyediakan headphone jack dengan alasan fungsional.

Dengan absesnnya headphone jack, Samsung dapat menyertakan ukuran baterai lebih besar, sekitar 100mAh atau 2 hingga 3 persen dari kapasitas total.

Selain itu, sensor haptic feedback juga dapat ditingkatkan karena tidak ada lagi lubang kosong di dalam bodi Galaxy Note 10.

Meski sederhana, kehadiran headphone jack terbilang cukup signifikan bagi sejumlah pengguna. Karenanya, beberapa perusahaan seperti Lenovo dan Google memilih untuk mengembalikan headphone jack di smartphone terbarunya.

Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus Melenggang di Kota Big Apple

Samsung resmi meluncurkan seri terbaru dari Galaxy Note, yaitu Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Peluncuran digelar dalam acara Samsung Galaxy Unpacked 2019 di Kota Big Apple, tepatnya di Barclays Center, Brooklyn, New York, Rabu (7/8/2019) waktu setempat.

Samsung Galaxy Note 10 hadir dengan desain Infinity Display (bazeless) dengan ukuran layar yang sedikit lebih kecil dibandingkan pendahulunya, Galaxy Note 9.

Galaxy Note 10 hadir dengan layar 6,3 inci, sedangkan Galaxy Note 9 memiliki layar 6,4 ini. Sementara untuk Galaxy Note 10 Plus hadir dengan layar 6,8 inci.

Muncul dalam Varian Plus

Untuk diketahui, ini adalah kali pertamanya Samsung merilis seri Galaxy Note model Plus. Biasanya, model Plus hanya ada di seri Galaxy S.

Peluncuran Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus langsung dibuka oleh Head of IT Mobile Communications Division Samsung Electronics, DJ Koh.

"Jadi yang membutuhkan perangkat untuk produktivitas. Kami perkenalkan perangkat mobile paling bertenaga, Galaxy Note 10," ujar Koh di atas panggung. 

Galaxy Note 10 hadir dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB, sedangkan Galaxy Note 10 Plus dilengkapi RAM 12GB dan memori internal 256GB atau 215GB.

Soal daya, perangkat ini dibekali dengan baterai 3.500 mAh untuk Galaxy Note 10, dan 4.300 mAh untuk Galaxy Note 10 Plus. Samsung memghadirkan fast full day charging, yang bisa terisi penuh hanya dalam waktu 30 menit.

Sama seperti Note 9, tombol Home, Back, dan Multitasking tetap hadir secara virtual.

Untuk pasar Indonesia baik Galaxy Note 10 maupun Galaxy Note 10 Plus akan masuk dengan tiga jenis warna, yaitu Aura Glow, Aura Black, dan Aura White, sedangkan seri Aura Red tidak dijual di Indonesia.

Sumber :liputan 6

No comments

Powered by Blogger.