Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Wajah, Serta Cara Menggunakannya



   Manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan, lidah buaya juga sudah terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Tentunya kamu sering menemukan produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran.



Dalam lidah buaya terdapat berbagai kandungan seperti, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Selama ini mungkin kamu jarang memakai lidah buaya secara langsung, dan lebih sering menggunakan lidah buaya dalam bentuk produk kecantikan yang sudah melalui berbagai proses.

Manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah akan lebih maksimal jika digunakan secara langsung. Daripada harus memakai lidah buaya yang sudah jadi dalam bentuk kemasan yang telah mengurangi khasiat dan manfaatnya, kamu bisa menggunakan lidah buaya secara langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah dari berbagai sumber :

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya, tentunya kamu tidak mau ketinggalan dalam menggunakan manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah. Apalagi, manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah ini berkaitan erat dengan aspek kecantikan, yang tentunya sangat diperhatikan siapapun, terutama wanita.

Berikut manfaat lidah buaya untuk rambut:

Mempercepat pertumbuhan rambut

Enzim proteolitik pada lidah buaya bermanfaat menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut serta membuat pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

Rambut lembut dan halus

Mengaplikasikan lidah buaya pada rambut dapat membuatnya lebih lembut dan halus. Dengan begitu, rambut semakin mudah diatur dan ditata sehingga penampilan lebih memukau.

Mengurangi rambut rontok

Perawatan rambut dengan lidah buaya juga dapat meminimalisir rambut rontok. Hal ini tentu membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat. Tentunya kamu tidak boleh melewatkan salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah ini.

Manfaat dan Cara Menggunakan Lidah Buaya pada Rambut

Menenangkan kulit kepala

Sifat anti-insflamasi yang terkandung pada lidah buaya membantu menenangkan kulit kepala dari ritasi. Perawatan ini memberikan efek dingin dan relaksasi pada kulit kepala dan memicu rambut tumbuh lebih sehat.

Mencegah dan mengatasi ketombe

Lidah buaya mengandung anti-jamur berfungsi mencegah dan mengatasi ketombe pada kulit kepala. Perawatan dengan lidah buaya ini membantu pengelupasan ketombe di kulit kepala.

Menutrisi rambut

Selain enzim proteolitik, lidah buaya juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala. Perawatan rutin menggunakan lidah buaya, dapat membuat rambut terasa lebih kuat, lembut, dan berkilau.

Tentunya untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah kamu perlu tahu cara-caranya, yang mana untuk perawatan pada rambut cukup mudah dilakukan. Kamu tinggal mengikuti cara berikut:

- Gunakan masker lidah buaya pada rambut agar kamu mempunyai rambut sehat dan berkilau

- Gunakan 2 hari sekali sebelum keramas

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

Setelah mengetahui manfaat lidah buaya untuk rambut dalam pembahasan manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah, kamu tentunya juga perlu mengetahui manfaat lidah buaya untuk wajah. Secara keseluruhan manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah bisa didapatkan dengan penggunaan secara teratur.  

Mencegah Timbulnya Jerawat

Produk dengan lidah buaya dapat kamu gunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Namun, kamu harus menghindari penggunaan produk lidah buaya dengan bahan pelembap lain yang mengandung lanolin atau minyak mineral, agar kulit tidak terasa semakin berminyak.

Melembapkan kulit

Pelembap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat. Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Spray wajah yang mengandung gel lidah buaya juga dapat digunakan ketika wajah terasa kering.

Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya juga mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Caranya, bersihkan wajah dengan sabun berbahan lembut dan air bersih, lalu oleskan gel lidah buaya pada wajah. Biarkan gel lidah buaya hingga mengering selama beberapa menit, lalu bilas.

Manfaat dan Cara Menggunakan Lidah Buaya pada Wajah

Menghaluskan permukaan kulit

Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

Mencegah penuaan pada kulit

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Membantu meredakan radang dan gatal

Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, hingga psoriasis.

Cara mendapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah ini mudah saja, kamu tinggal mengambil gel lidah buaya lalu usapkan ke wajah atau ke rambut. Kamu bisa melakukannya dua kali sehari.

Namun, tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya. Oleh karena itu, kamu harus tetap memperhatikan kecocokan kulit dan rambut saat menggunakannya. Jika kamu mengalami iritasi atau alergi, segera berkonsultasi dengan dokter.


Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.