4 Tips Mencegah Kram Perut saat Olahraga Lari


https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Pernahkah saat tengah berolahraga lari, mendadak perut terasa kram? Rasanya jelas tidak nyaman sekali, ya. Olahraga jadi terganggu dan perut pun rasanya sangat tidak nyaman.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Secara umum, semakin bugar tubuh kita maka semakin kecil peluang kita mengalami kram perut. Hanya saja kondisi ini kadang tak terekkan. Kunci pentingnya adalah memahami cara tubuh kita merespons makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita sebelum olahraga. Berikut empat tips penting yang perlu dipahami agar tidak mengalami kram perut saat berolahraga lari.

Hindari Makan atau Minum Jelang Lari

Dua atau tiga jam sebelum berolahraga lari, hindari makan berat. Satu jam sebelum berolahraga, hindari minum terlalu banyak air. Dilansir dari active.com, dengan begitu kita bisa memberi waktu pada perut kita untuk mencerna makanan dengan baik. Jadi, jadwal makan dan minum ini perlu sangat diperhatikan, ya.

Hindari Konsumsi Makanan yang Terlalu Berserat

Empat atau lima jam sebelum berolahraga lari, hindari makanan berat yang kandungan seratnya terlalu banyak. Makanan kaya serat memang baik untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh, tapi bila ada jadwal berolahraga lari, sebaiknya empat jam sebelumnya jangan mengonsumsi terlalu banyak serat terlebih dahulu.

Cukupi Kebutuhan Air Minum

Bila ada rencana berolahraga lari pada sore hari, maka mulai dari pagi hingga satu jam jelang olahraga lari, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu. Selain membuat perut terasa lebih nyaman, kita pun akan terhindar dari dehidrasi.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Ambil Jeda saat Berolahraga

Bila kram perut telanjur terjadi saat olahraga lari, berhentilah sejenak. Bungkukkan tubuh, ambil napas dari hidung lalu hembuskan melalui mulut, pegangi kepala dengan tangan, kencangkan otot-otot perut. Lakukan latihan pernapasan selama beberapa kali sampai kondisi membaik.

Lakukan pemanasan atau peregangan otot terlebih dahulu sebelum berolahraga lari. Siapkan tubuh sebaik mungkin sebelum berolahraga lari untuk menghindari kram perut dan cedera. Semoga info yang satu ini bermanfaat untukmu, ya.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.