8 Obat Rumahan untuk Meredakan Sakit Gigi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ketika makan dan minum menjadi penghalang bagi yang memiliki masalah pada gigi sensitif, alih-alih bisa makan dan minum enak, justru malah menyakitkan bagian kepala.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tetapi jangan khawatir, masalah ini sangat umum dan tak perlu ke dokter karena masih dapat diobati dengan beberapa pengobatan rumahan. Dikutip TimesNowNews, berikut 8 obat rumahan untuk merawat gigi sensitive.

1. Air garam
Larutan garam dan air adalah salah satu perawatan yang paling umum untuk masalah gigi. Ini membantu menjaga keseimbangan Derajat Keasaman (pH) mulut untuk menciptakan lingkungan yang lebih basa di mana bakteri berbahaya berjuang untuk bertahan hidup didalam mulut.

Yang perlu kalian lakukan adalah menambahkan dua sendok teh garam kedalam air hangat, aduk rata dan bilas mulut kalian dua kali sehari agar mengurangi sensitivitas dan rasa sakit pada gigi kalian.

2. Oil pulling
Oil pulling merupakan pengobatan tradisonal India yang telah dilakukan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan. Oil pulling ini adalah salah satu teknik ayuverda. Caranya dengan berkumur selama 15-20 menit dengan minyak nabati, umumnya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Cara ini dianggap mampu memnyembuhkan sensitivitas pada gigi. Sebuah studi pada tahun 2009 menunjukan bahwa cara ini juga dapat membantu mengobati radang gusi atau penyakit gusi lainnya.

3. Daun jambu biji
Daun jambu biji memiliki sifat yang anti inflamasi dan dapat mengurangi sensitivitas dan sakit gigi. Cukup kunyah beberapa daun selama 2-3 menit lalu bilas mulut kalian. Jika kalian tidak ingin mengunyahnya, tambahkan 4-5 daun dan secangkir air didalam panci lalu rebus selama beberapa menit. tambahkan sedikit garam lalu gunakan sebagai obat kumur.

4. Teh hijau
Teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. JIka kalian memiliki masalah pada gigi sensitif, minumlah teh hijau danpa gula dan gunakan sebagai obat kumur dua kali sehari. Ini akan mengurangi perdangan dan memperkuat gigi.

5. Bawang putih
Hampir sebagian orang tidak ada yang suka dengan bawang putih, namun bawang putih dapat membantu kalian mengatasi gigi sensitif.

Buat pasta dua-tiga bawang putih, tambahkan tetes air setengah sendok teh didalamnya, lalu oleskan pasta ini pada gigi yang sakit, biarkan selama beberapa menit kemudian bilas gigi dengan air asin hangat.

6. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan mencampurkannya dengan almond atau minyak kelapa dan mengoleskannta pada gigi. Setelah beberapa saat, dapat dibilas dengan air hangat.

7. Madu dengan air hangat
Madu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi yang dapat mengobati luka. Saat kalian mengalami sensitivitas pada gigi, bilas mulut kalian dengan larutan air hangat dan satu sendok teh madu. Itu akan menyembuhkan rasa sakit.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
8. Kunyit
Kunyit juga dapat membantu dalam penyembuhan luka. Untuk mengurangi rasa sakit pada gigi sensitif, kalian bisa memberi kunyit bubuk pada gigi yang sakit. Alternatif lain adalah mengonsumsi setengah sendok teh kunyit, dengan jumlah garam dan minyak yang sama. Campurkan secara bersamaan dan oleskan kunyit itu pada bagian yang sakit dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit.

Selain 8 obat rumahan diatas, menjaga kebersihan mulut yang berarti menjaga kebersihan gigi juga bisa dengan rutin sikat gigi dan batasi konsumsi makanan dan minuman yang asam agar gigi kuat dan sehat. Selain itu, selalu berkonsultasi dengan dokter gigi jika rasa sakitnya tampak parah.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.