Cara Mengatasi Insomnia Akut dengan Cepat secara Alami

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana kamu merasa sulit untuk tidur, sulit untuk tidur nyenyak, bahkan keduanya. Kondisi yang demikian bisa dikatakan kronis apabila kamu sama sekali tidak bisa tidur, sekalipun kamu benar-benar menginginkannya. Jika hal ini terjadi pada kamu, kamu biasanya akan terbangun dalam keadaan lelah, yang mengakibatkan pada terganggunya aktivitas kamu yang lain.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Berdasarkan intensitasnya, insomnia dibedakan menjadi akut dan kronis. Insomnia akut terjadi dalam jangka pendek yang berlangsung dari satu malam hingga dalam beberapa minggu, sedangkan insomnia kronis bisa bertahan lebih lama yaitu tiga malam seminggu, sebulan, atau bahkan hampir terjadi setiap malamnya. Berikut akan kami bagikan tips cara mengatasi insomnia akut dengan cepat secara alami.

Cara Mengatasi Insomnia Akut

Insomnia dapat disebabkan oleh stres, kecemasan, kebiasaan tidur yang buruk, kafein dan alkohol, kebanyakan makan, penggunaan obat, dan kondisi medis lainnya. Berikut adalah cara mengatasi insomnia akut yang mungkin sedang kamu alami.

Buat kesibukan sebelum tidur
Salah satu cara mengatasi insomnia akut adalah dengan membuat aktivitas sebelum tidur. Lakukan beberapa aktivitas ringan yang memerlukan konsentrasi, seperti membaca buku yang memungkinkan mata mengantuk dan cepat tertidur. Tidak dianjurkan untuk menonton tv atau menjalankan laptop, karena cahaya dari televisi dan laptop bisa merangsang kerja otak yang menyebabkan sulit tidur setelahnya.

Hindari ngemil pada malam hari
Tidur dalam kondisi perut yang terlalu kenyang justru akan membuat insomnia bertambah parah. Untuk itu, hindarilah ngemil saat malam hari karena hal itu juga yang menjadi cara mengatasi insomnia akut.

Mandi air hangat
Mandi air hangat sebelum tidur merupakan cara mengatasi insomnia akut, sebab guyuran air hangat akan merilekskan otot-otot yang tegang dan membuat aliran darah menjadi lancar.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Cepat

Insomnia dapat diatasi dengan cepat agar tidak semakin bertambah parah. Jika kamu sedang mengalami insomnia dan ingin mengatasinya dengan cepat, yuk simak cara mengatasi insomnia akut dengan cepat berikut ini.

Mencoba teknik relaksasi
Sebelum tidur, ada baiknya melakukan relaksasi sebagai cara mengatasi insomnia akut dengan cepat. 20-30 menit sebelum tidur sebaiknya dipergunakan untuk beraktivitas santai seperti latihan pernapasan, meditasi, dan relaksasi otot untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Hindari kafein dan alkohol
Jika kamu menderita insomnia akut, sebaiknya menghindari mengonsumsi kafein dan alkohol 4 jam sebelum tidur. Kedua jenis minuman ini akan membuat kamu lebih banyak terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Menghindari kafein dan alkohol adalah salah satu cara mengatasi insomnia akut dengan cepat.

Hindari olahraga malam
Salah satu cara mengatasi insomnia akut dengan cepat yakni menghindari olahraga di malam hari. Usahakan tidak melakukan olahraga setidaknya 3 jam sebelum tidur. Olahraga yang dilakukan malam hari akan meningkatkan metabolisme, suhu tubuh, dan energi yang justru akan membuat semakin sulit tidur.

Cara Mengatasi Insomnia secara Alami

Insomnia dapat diatasi dengan pemberian obat, terapi, maupun pengobatan herbal secara alami. Berikut ini adalah cara mengatasi insomnia akut secara alami, yang bisa kamu coba di rumah.

Ramuan daun putri malu
Cara mengatasi insomnia akut secara alami adalah dengan memanfaatkan tumbuhan putri malu. Berikut ini cara membuat obat insomnia paling ampuh dari daun putri malu, yaitu siapkan 30 sampai 60 gram daun putri malu dan 400 ml air; rebus daun putri malu dengan 400 ml air, hingga menjadi setengahnya; saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

Ramuan daun kacang tanah
Cara mengatasi insomnia akut secara alami, yang terbukti ampuh yaitu dengan mengonsumsi ramuan kacang tanah. Olahan kacang tanah memiliki khasiat untuk membantu menghilangkan susah tidur yang parah.

Berikut ini cara membuat obat herbal insomnia dengan kacang tanah, yaitu dengan menyediakan segenggam daun kacang tanah dan 200 ml air panas; kemudian cuci bersih daun kacang tanah lalu iris halus. Masukkan irisan daun kacang tanah ke dalam gelas, seduh dengan air panas, diamkan selama 40 menit, lalu saring. Kemudian minum selagi hangat dalam keadaan perut kosong, khususnya menjelang tidur.

Cara Mengatasi Insomnia menurut Islam

Ada banyak penyebab mengapa kamu bisa mengalami insomnia, namun ada banyak cara pula untuk mengatasinya. Dalam ajaran islam diajarkan adab sebelum tidur, seperti berwudhu dan salat sebelum tidur, begitu juga untuk posisi tidur yang baik. Berikut akan kami rekomendasikan cara mengatasi insomnia akut menurut Islam.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Membaca Al-Quran
Cara mengatasi insomnia akut menurut Islam yaitu dengan membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran sebelum tidur, selain membuat kita dapat tertidur dengan nyenyak dapat juga membantu kita agar terhindar dari berbagai macam gangguan tidur. Pilihlah ayat yang bisa dibaca sebelum tidur, seperti Ayat Kursi (Al-Baqarah: 255), dua ayat terakhir pada surat Al-Baqarah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kafirun, dan tiga surat terakhir dalam Al-quran, yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Berdoa
Cara mengatasi insomnia akut menurut Islam, selain dengan membaca Al-Quran yaitu dengan berdoa. Sebelum tidur, kamu bisa juga memanjatkan doa dan berdzikir. Berdoa dan berdzikir bisa menjadi cara mengatasi insomnia akut, sebab sama dengan meminta perlindungan pada Allah yang memang sudah sewajarnya dan harus dilakukan oleh semua umat muslim di dunia ini.


Nah, demikianlah tips cara mengatasi insomnia akut dengan cepat secara alami. Tertarik mencobanya?

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.