Diduga Ditembak Rudal, Kapal Tanker Iran Meledak di Dekat Pelabuhan Jeddah



    Sebuah kapal tanker minyak yang dioperasikan oleh Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) meledak dan terbakar sekira 100 kilometer dari pelabuhan Jeddah, Arab Saudi. Kerusakan parah yang diderita kapal tersebut membuat minyak yang dibawanya tumpah ke Laut Merah.



Menurut beberapa sumber yang dikutip kantor berita ISNA, penyelidikan telah diluncurkan untuk mencari penyebab ledakan, dan ada kemungkinan insiden ini terjadi karena perbuatan teroris.

NIOC mengatakan bahwa ledakan tersebut "mungkin disebabkan oleh serangan rudal". Dalam pernyataan di laman resminya, perusahaan itu mengatakan bahwa dua rudal menargetkan tanker minyak Iran Sinopa dan menyebabkan ledakan.

"Tidak ada api di atas kapal dan kapal itu benar-benar stabil," tambah NIOC.

Laporan media Iran yang dilansir Sputnik, Jumat (11/10/2019) menyebutkan bahwa sejauh ini semua kru kapal tanker tersebut dilaporkan dalam keadaan selamat. Situasi di dalam kapal juga telah terkendali.

"Tidak ada anggota kru yang terluka akibat ledakan itu ... situasinya terkendali," demikian dilaporkan kantor berita Iran, Nour News mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Ledakan itu dilaporkan terjadi di lambung kapal, dan menyebabkan kerusakan pada dua reservoir utama kapal tanker itu.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.