Ketika Wikipedia Jadi Platform Perselisihan Klaim Kedaulatan China dan Taiwan



    Ketika pengguna internet mengetik "Apa itu Taiwan?" di mesin pencari Google atau Siri, mayoritas akan keluar penjelasan berupa: "Sebuah negara di Asia Timur".



Tetapi, suatu waktu pada awal September 2019, pertanyaan yang sama di mesin pencari akan menunjukkan penjelasan berupa: "provinsi di Republik Rakyat China."

Faktanya, banyak mesin pencari, asisten digital dan telepon semuanya menunjuk ke satu tempat: Wikipedia. Dan, pendefinisian atas Taiwan di Wikipedia sempat --bahkan kerap-- berubah-ubah selama tahun ini.

Hubungan lintas-selat atau cross-strait relation, merupakan definisi relasi antara China dengan Taiwan --yang mendeklarasikan diri sebagai negara dengan pemerintahan terpisah dari Beijing menyusul perang saudara antara Partai Komunis dengan Partai Kuomintang.

Kuomintang kalah, melarikan diri ke Pulau Formosa yang terpisah dari China daratan pada sebuah selat. Kala itu, Kuomintang masih mendeklarasikan diri sebagai pemimpin sah seluruh wilayah Tiongkok.

Urgensi perang terbuka dengan Partai Komunis China semakin meluntur pada tahun-tahun berikutnya, hingga akhirnya Kuomintang membentuk pemerintahan negara Republik China (RoC) atau Taiwan dewasa ini.

Sementara Partai Komunis China yang keluar sebagai pemenang dalam perang, memerintah Tiongkok daratan dengan beribukota di Beijing --atau yang kita kenal sebagai Republik Rakyat China (PRC).

Akan tetapi, kedua belah pihak saling melempar penolakan eksistensi masing-masing sebagai pemerintahan seluruh wilayah Tiongkok, dan, tensi antara kedua negara masih terjadi hingga saat ini.

Penyuntingan sempat dikembalikan ke definisi 'status quo' Taiwan, yakni sebuah negara. Namun, perubahan kemudian dilakukan lagi, mendefinisikan pulau itu sebagai bagian dari provinsi China --sebuah pendefinisian kontroversial dalam koridor konflik lintas selat antara Tiongkok - Taiwan.

Hal itu dilakukan lagi, lagi, dan lagi.

"Tahun ini adalah tahun yang sangat gila," keluh Jamie Lin, anggota dewan Wikimedia Taiwan.

"Banyak Wikipediawan Taiwan (user Wikipedia di Taiwan) telah 'diserang'," lanjutnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (6/10/2019).


Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.