Sering Diabaikan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Makan Bengkuang!

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Selama ini bengkuang lebih sering dikenal manfaatnya untuk kulit. Bengkuang biasa digunakan sebagai bahan kecantikan yang mampu melembutkan, memutihkan, mencerahkan, menghaluskan dan bahkan menjaga kelembapan kulit. Namun tak banyak yang tahu bahwa makan bengkuang juga punya manfaat kesehatan untuk tubuh.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

1. Kaya nutrisi

Akar bengkuang memiliki banyak kandungan nutrisi yang tidak bisa diabaikan, mulai dari karbohidrat, Vitamin C, zat besi, kalium, magnesium hingga asam folat. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi mamu mencukupi kebutuhan harian hingga 44%, seperti dilansir dari Healthline.

2. Menurunkan berat badan

Karena kandungan kalorinya yang rendah serta seratnya yang tinggi, bengkuang bisa dijadikan camilan renyah saat melakukan program diet. Kandungan serat dan airnya yang tinggi akan menjaga perut kenyang lebih lama.

3. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian yang dimuat dalam PubMed Central menemukan bahwa konsumsi bengkuang dapat menurunkan kadar LDH (kolesterol jahat) dalam tubuh dan menjaga kelancaran aliran darah karena mengandung serat dan kalium yang tinggi.

4. Melancarkan pencernaan

Karena mengandung serat tinggi dan tanpa lemak, bengkuang sangat baik untuk membersihkan usus dan melancarkan pencernaan. Bengkuang mengandung serat khusus yang disebut inulin, penelitian menemukan bahwa inulin membantu pergerakan usus hingga 31% ketika sembelit.

5. Menjaga bakteri baik di usus

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, bengkuang bersifat mendetoks tubuh, termasuk menjaga lingkungan usus sehat untuk para prebiotik atau bakteri baik.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfata ini tak hanya bisa didapat dengan cara mengaplikasikan masker bengkuang di kulit, tapi bisa juga menutrisi kulit dari dalam. Kandungan antioksidannya yang tinggi, terutama vitamin C membantu menjaga kesegaran dan kesehatan kulit.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

7. Mencegah kanker

Bengkuang mengandung antioksidan berupa vitamin C, B dan E serta serat yang ternyata dapat dijadikan makanan pencegah kanker. Penelitian menemukan bahwa makan serat 27 gram per hari mampu cegah kanker usus besar.

Jadi, jangan hanya menggunakan bengkuang sebagai masker kulit saja. Sering-sering makan juga agar bisa mendapat manfaat sehatnya dari dalam.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.