Sering Main HP Sebelum Tidur, Pria Ini Terserang 'Stroke' di Matanya



     Apakah kamu sering memainkan ponsel sebelum tidur dengan keadaan lampu mati? Dokter memperingatkan untuk berhati-hati agar tak kena stroke mata seperti seorang pria asal China ini.



Dikutip dari Mirror, pria ini mengalami buta 'sementara' karena kerap bermain game dengan ponselnya di kegelapan. Rupanya kebiasaan ini memicu sumbatan di pembuluh darah mata yang bisa menyebabkan kehilangan pandangan jika tak segera ditangani.

"Aku menggunakan mata kananku untuk melihat ponselku, aku bisa membaca beberapa kata namun yang lain tidak bisa. Aku suka bermain game di ponsel, namun di malam hari istriku tak ingin aku memainkannya karena cahaya layarnya terlalu terang setelah lampu dimatikan," kata pria yang mengaku bernama Wang ini, pada sebuah wawancara dengan South China Morning Post.

Kemudian Wang segera dilarikan ke rumah sakit, di mana ia didiagnosis terkena central retinal artery occlusion atau yang lebih dikenal dengan strooke mata. Penyumbatan arteri ini membuat oksigen gagal dibawa ke retina mata yang mengirimkan sinyal ke otak. 

Lei Tao, dokter yang menangani Wang menyebutkan bahwa penggunaan barang elektronik secara berlebihan yang menyebabkan penekanan lebih pada pandangan yang terjadi padanya. Ia sudah menangani sekitar 20 orang yang mengalami hal yang sama.

"Penyumbatan pada arteri di retina itu mendadak, serius, dan bisa bermanifestasi langsung menjadi penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan, yang kami kerap sebut dengan 'stroke mata'," katanya.

Angka kejadiannya semakin meningkat tiap tahun dan ada tren kerap dialami oleh anak muda. Bahkan angka kebutaannya pun cukup tinggi, yang bisa berdampak pada kualitas hidup pasien.

Ia menyarankan untuk melakukan pencegahan, yakni dengan tidur teratur, hindari begadang dan menatap ponsel, televisi, dan komputer dalam waktu lama. 


Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.