4 Alasan Tetap Mandi Pagi Meski di Hari Libur



    Libur atau tidak, tampaknya sudah tidak alasan untuk tidak mandi pagi. Membersihkan diri sebelum beraktivitas berdampak baik pada kesehatan tubuh.



"Mandi pagi memberi waktu tubuh untuk meditasi, fokus, dan mengembalikan energi sebelum memulai aktivitas. Pikiran yang fokus dan tenang menurunkan peradangan pada kulit dengan mempertahankan kadar hormon kortisol dalam tubuh," kata associate clinical professor of dermatology Mona Gohara, MD, dari Yale School of Medicine dikutip dari Independent.

Bagi yang terbiasa mencukur rambut tubuh, saat sebelum mandi pagi adalah yang terbaik. Menurut Gohara, kandungan trombosit cenderung tinggi pada pagi hari sehingga darah tidak terlalu banyak jika terjadi luka. Kulit juga terlihat dalam kondisi paling baik usai bercukur dan mandi pagi.

Manfaat mandi pagi ternyata tidak hanya yang telah disebutkan. Dikutip dari Times of India, berikut 4 manfaat lain mandi pagi.

1. Membersihkan minyak di kulit

Bagi yang punya kulit berminyak, mandi pagi menjadi hal yang tidak bisa ditawar. Saat tidur, tubuh memproduksi minyak yang bertumpuk di pori dan permukaan kulit. Mandi pagi efektif membersihkan seluruh minyak yang menumpuk di permukaan tubuh.

2. Bikin mudah bangun

Bagi yang sulit bangun, bisa mencoba solusi mandi di pagi hari daripada minum kopi. Mandi mempercepat proses metabolisme sehingga tubuh lebih mudah fokus dan terjaga. Menggunakan air dingin, meski hanya beberapa saat terakhir saat mandi, membantu tubuh terjaga sepanjang hari.

3. Penting buat yang olahraga

Bagi yang berolahraga di pagi hari, mandi menjadi agenda wajib usai melakukan aktivitas fisik. Mandi membersihkan tubuh dari bakteri, keringat, dan polutan yang menempel di tubuh.

4. Merangsang ide

Bagi pekerja kreatif atau yang harus brainstorming di pagi hari, mandi bisa menjadi stimulasi yang tepat. Mandi memungkinkan tubuh rileks namun otak mulai bekerja. Biasanya dalam kondisi ini muncul berbagai ide kreatif.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.