Kebutuhan Asupan Cairan Setiap Orang Berbeda, Begini Aturannya

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Saat ini, tingkat hidrasi masyarakat Indonesia sudah mengalami kemajuan. Sebanyak 78% anak-anak, 79% remaja, dan 72% orang dewasa telah memiliki hidrasi yang cukup. Guna menjaga momentum positif tersebut, diperlukan mengonsumsi cukup air setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Namun, tahukah Anda, agar tetap terhidrasi, setiap orang membutuhkan asupan cairan yang berbeda?

Ketua Indonesian Hydration Working Group, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K menerangkan bahwa tubuh membutuhkan cairan yang beragam. Hal ini tergantung dari aktivitas, usia dan metabolisme seseorang.

"Kalau kita lagi demam, otomatis butuh cairan lebih banyak. Minum es, sirup itu belum memenuhi kebutuhan cairan," ujar Dr. Diana saat acara Jelajah Kebaikan AQUA di Hotel Seraton, Jakarta, Jumat (1/11).

Baik untuk mereka yang sehat atau sakit, Dr. Diana mengatakan bahwa tetap membutuhkan asupan cairan sebesar 70%. Sedangkan, untuk mereka yang habis berolahraga dianjurkan mengonsumsi 2-3 gelas air setelah berolahraga. Takaran ini dinilai mampu menggantikan keringat yang keluar.

"Kenapa konsumsi air harus beda? Seperti sakit gagal ginjal, enggak bisa buang cairan jadi harus dijaga asupannya. Tergantung sakitnya," kata dia.

"Kalau olahragawan, akan ditimbang berat badannya sebelum dan sesudah berlatih. Selesai olahraga, langsung minum saja. Sebaiknya air yang cool, enggak terlalu panas atau dingin," tambahnya.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Sementara, mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari, Dr. Diana menyarankan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Ada pun agar tetap terhidrasi, setiap orang dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari.

"Kalau beraktivitas di luar, terpapar matahari, minum harus ditambah," tandasnya.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.