Mesin ATM Multi Mata Uang Diluncurkan di Lokasi Padat Turis di Taiwan

 Saat ini telah ada sekitar 10 an perbankan di Taiwan yang turut mengusung program pengadaan mesin ATM multi mata uang, sehingga memudahkan para turis untuk melakukan penarikan uang dalam mata uang Yen Jepang, Dolar Amerika dan Renminbi Daratan Tiongkok. Namun bagi para turis asing yang memiliki Dolar Taiwan dan hendak melakukan penukaran mata uang melalui mesin ATM, saat ini hanya terdapat 2 bank yang memberikan pelayanan serupa.

       Shin Kong Bank adalah perbankan pertama yang mendapatkan izin dari Bank Sentral untuk meluncurkan mesin ATM yang bisa memberikan pelayanan berbentuk mata uang asing selain mata uang Dolar Taiwan, dan mesin pertama tersebut ditempatkan di dalam Stasiun Kereta Api Taipei (TMS). Merujuk kepada data yang dihimpun oleh Shin Kong Bank, angka jumlah penggunaan mesin penarikan dan penukaran mata uang asing dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini, jika dibandingkan dengan masa awal pengadaan mesin bulan pertama hingga ke dua, mengalami peningkatan sebanyak 3 kali lipat. Ini juga menunjukkan adanya peningkatan jumlah turis asing yang bersedia menggunakan mesin ATM untuk melakukan penarikan dan penukaran mata uang, selain bisa menghemat waktu, juga sekaligus mengirit biaya administrasi pertukaran mata uang asing di loket bank pada umumnya.

        Dari data statistik yang dimiliki oleh Shin Kong Bank, pengguna mesin ATM sejenis, mayoritas adalah turis asing, dengan persentase tertinggi adalah turis asal Jepang. Selain itu, dikarenakan turis Jepang sangat menyukai Kuil Xia-Hai City God Temple untuk meminta jodoh, juga bersedia memberikan tips tambahan uang sesajen minyak dupa dan juga untuk berbelanja di toko-toko di sekitarnya, maka pihak bank juga menyediakan mesin ATM sejenis dengan berkolaborasi bersama pemiliki toko setempat, menyediakan penukaran mata uang Yen, Dolar dan Renminbi.


https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal


        Associate Manager Hsin Kong Bank Tsai Phei-ru mengatakan, “Lokasi yang kerap menjadi spot utama tujuan para turis Jepang, menjadi lokasi tempat dimana kami menyediakan mesin ATM. Dari pengamatan kami, di kawasan Dadaocheng, turis Jepang kerap berkunjung ke Kuil Xia-Hai City God Temple untuk meminta jodoh, sehingga ada pihak pelaku usaha lain yang mengajak bekerjasama, yakni toko waralaba Hi-Life, ditempatkan mesin ATM penukaran mata uang asing, dan diharapkan para turis dapat menggunakan fasilitas kemudahan tersebut. Baik Shin Kong Bank maupun Hi-Life, keduanya memulai usaha dari kawasan Dadaocheng, sehingga memberikan makna yang sangat berarti bagi kami.”


        Untuk Bank Chinatrust sendiri, belakangan ini juga menempatkan mesin ATM sejenis di pelabuhan Kaoshiung, hal ini karena mempertimbangkan banyaknya turis yang turun dari kapal Cruise di pelabuhan Kaoshiung, misalnya untuk tahun ini mampu mencetak rekor lebih dari 90 ribuan pengunjung. Yang menarik di sini adalah para turis asing diwajibkan menggunakan paspor agar dapat turun dari kapal dan melakukan perjalanan wisata di Kaoshiung, dan bisa sekaligus untuk melakukan penukaran mata uang Dolar Taiwan dengan efisien dan cepat.

Sumber :RTi

No comments

Powered by Blogger.