5 Ide Bisnis Menjanjikan yang Patut Dicoba di Tahun 2020

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu, kita akan memasuki tahun 2020.Memulai tahun yang baru tentu identik dengan memulai sesuatu yang baru. Entah dengan berbagai resolusi untuk diri sendiri, kembali mencapai goals dari beberapa tahun yang lalu, atau mungkin keputusan untuk mulai berbisnis.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tahun baru, peluang baru. Bisnis merupakan sesuatu yang selalu dinamis; setiap tahunnya ada saja peluang-peluang baru yang muncul−asal kita peka akan peluang tersebut dan dapat mewujudkannya menjadi kenyataan.

Kira-kira, bisnis apa saja sih, yang memiliki peluang besar untuk bersinar dan meraup cuan banyak di tahun 2020? Berikut 5 ide bisnis menjanjikan yang patut di coba versi Karja.

1.    Kuliner Kekinian

Di tahun 2019 ini, sudah tidak terhitung berapa banyak makanan maupun minuman kekinian super hits yang muncul setiap bulannya. Mulai dari boba drink, kopi susu, keripik pedas, mi instan berbentuk donat, hingga segala jenis makanan dengan topping mozarela atau green tea.

Tidak bisa dipungkiri, orang-orang semakin hobi untuk berburu makanan ataupun minuman yang baru dan unik. Setiap ada yang baru, pasti langsung berlomba-lomba untuk mencoba kuliner tersebut, kemudian dibagikan di berbagai media sosial dengan berbagai review yang menarik dan foto nan aesthetic. Tanpa disadari, hal tersebutlah yang akhirnya membuat kuliner baru tersebut menjadi hype dan ramai, yang akhirnya juga mendorong pertumbuhan bisnis kuliner.

Bisnis kuliner akan selalu menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, karena setiap tahunnya pasti akan ada terus inovasi-inovasi baru yang bermunculan. Namun, yang harus diperhatikan selain rasa yang berkualitas adalah cara pengemasannya. Dewasa ini, packaging menjadi salah satu kunci utama dalam berbisnis lho, terlebih untuk bisnis kuliner.

Kemaslah produk yang akan kalian jual dengan semenarik dan se-Instagramable mungkin agar konsumen tertarik untuk melakukan re-purchase serta merekomendasikannya kepada orang lain. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mencoba mengikuti trend yang ada, contohnya makanan serba hitam kemarin yang sempat nge-hits.

2.    Rumah Makan dengan Konsep Instagramable

Kalau tadi kita sudah membicarakan bisnis kulinernya, kini giliran tempat atau wadah untuk menjualnya yang ternyata bisa menjadi peluang bisnis menarik di tahun 2020. Kalau kalian memiliki modal yang cukup besar, maka tak ada salahnya untuk mencoba peluang bisnis yang satu ini. 

Maybe we use the Instagramable word too often, but that’s what’s popular right now.

Kafe dengan kuliner kekinian, konsep minimalis-industrial-retro-tropis, design interior yang menarik, hingga pemilihan furniture pun bisa disulap menjadi super Instagramable. Hal tersebutlah yang kini menjadi daya tarik besar bagi sebuah kedai atau rumah makan.

Sebut saja kedai kopi yang menjamur sekarang ini. Tidak hanya menyuguhkan beragam biji kopi dari berbagai daerah, namun konsep kedai kopinya sendiri pun menjadi sesuatu yang unik dan menjual, membuat orang-orang penasaran dan akhirnya datang untuk berkunjung. Sambil menikmati kopi khas racikan kedai tersebut, pengunjung juga menikmati suasana yang dihadirkan serta mengabadikannya ke dalam sebuah foto.

Selain membuka kedai atau rumah makan, kalian juga bisa mencoba membuka food truck dengan konsep yang unik. Selain modalnya yang lebih kecil, berjualan menggunakan food truck pun juga dirasa fleksibel karena lebih mudah untuk berkeliling dan mendapatkan konsumen baru.

3.    Desain Grafis

Buat kalian yang hobi menggambar atau men-design, mungkin sudah saatnya untuk menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Memasuki era digital, desain grafis merupakan salah satu bidang yang perkembangannya sangat pesat. Mulai dari infografis di media, logo suatu produk, iklan, situs website, hingga aplikasi membutuhkan yang namanya desain grafis.

Kebutuhan akan desain grafis yang terus meningkat, membuat bidang satu ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, bukan tidak mungkin suatu ilustrasi digital yang dihasilkan pun semakin keren dan berkualitas. Sehingga mampu menarik minat para konsumen yang tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari mancanegara!

4.    Kado Handmade

Sesuatu yang dibuat secara handmade memang terasa lebih unik dan autentik.

Bisnis yang satu ini setiap tahunnya masih memberikan peluang yang cukup besar, asal kalian mampu berkreasi secara inovatif dan kreatif serta mengemasnya dengan menarik. Selain itu, kalian juga harus mampu mengemas kado handmade tersebut sesuai dengan momen-momen penting yang sedang terjadi.

Contohnya, saat wisuda. Kalian bisa meraup untung yang banyak apabila musim wisuda sudah datang. Mulai dari boneka menggunakan toga, bucket bunga, snack, atau foto, selempang, hingga berbagai kado handmade lainnya yang berkaitan dengan momen tersebut.

5.    Bisnis Ramah Lingkungan

Tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan semakin meningkat setiap tahunnya, and we are so glad to hear that, aren’t we?

Semakin banyak yang menyuarakan untuk menjaga dan merawat bumi ini, maka semakin banyak pula cara serta gaya hidup yang timbul untuk mengusung konsep go green.

Contohnya yang sempat ramai sejak dua tahun lalu ialah stainless straw atau sedotan yang terbuat dari bahan stainless. Beberapa rumah makan cepat saji kini sudah tidak menyediakan sedotan plastik lagi sebagai bentuk nyata untuk menyelamatkan lingkungan, maka stainless straw pun bisa menjadi salah satu solusinya.

Dijual dengan berbagai ukuran serta sikat pembersih, bisnis yang satu ini rupanya cukup menguntungkan. Tidak hanya sedotan stainless, kalian juga bisa mencoba bisnis tote bag dan tumblr atau botol minuman untuk mengurangi penggunaan plastik.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Selain mendapat keuntungan, kalian pun juga berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan. Asyik, kan?

Apapun bisnis yang hendak kalian rintis, pastikan bisnis tersebut memang benar-benar sesuatu yang kalian sukai dan kuasai. Tidak hanya itu, pahami cara marketing yang benar dan tentukan segmentasi pasarnya.

Last but not least, dibutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk merintis bisnis apapun. Hambatan pasti ada, namun hal tersebutlah yang membuat berbisnis kian menarik.
Selamat berbisnis, sobat!


Sumber:kumparan

No comments

Powered by Blogger.