5 Solusi Alami untuk Meredakan Sakit Gigi dan Gusi

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sakit gigi dan gusi adalah masalah kesehatan umum yang dapat disebabkan karena beberapa alasan. Bisa dengan menyikat gigi terlalu keras atau karena kerusakan gigi. Tidak peduli apa alasannya, sakit gigi bisa sangat menjengkelkan dan bahkan dapat membuat sulit untuk makan, berbicara atau berkonsentrasi pada pekerjaan lain.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Jika rasa sakitnya tak tertahankan, tentu saja Anda harus mengunjungi dokter gigi. Namun, jika Anda menderita sakit ringan maka Anda dapat dengan mudah mengobatinya di rumah. Dilansir dari Times of India, berikut adalah 5 solusi alami yang dapat memberikan bantuan cepat dari sakit gigi dan gusi.

1. Air garam
Air garam adalah desinfektan alami dan dapat membantu melepaskan partikel makanan yang tersangkut di antara gigi. Ramuan juga dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri berbahaya yang hidup pada gusi yang bertanggung jawab atas bau mulut dan rongga.

Cara menggunakannya: Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Minum seteguk campuran ini dan desak di sekitar mulut selama beberapa detik dan kemudian membuangnya.

2. Bawang putih
Bawang putih adalah makanan super dengan berbagai khasiat obat. Biasa digunakan untuk mengobati pilek dan flu, bawang putih mengandung allicin, yang memiliki sifat antibakteri dan cukup efektif dalam mengobati sakit gigi dan gusi. Ini membunuh bakteri yang bertanggung jawab untuk plak gigi dan juga bertindak sebagai pembunuh rasa sakit.

Cara menggunakannya: Hancurkan cengkeh bawang putih dan oleskan pasta pada gigi atau gusi Anda selama beberapa waktu. Anda juga bisa mengunyah satu siung bawang putih segar untuk menghilangkan rasa sakit.

3. Minyak esensial
Minyak atsiri bahkan efektif untuk mengurangi sakit gigi. Tidak apa-apa mengambil minyak esensial secara oral tetapi dalam jumlah terbatas. Anda bisa menggunakan minyak esensial cengkeh dan peppermint ketika menderita masalah sakit gigi dan gusi.

Cara menggunakannya: Ambil dua-tiga tetes minyak esensial di jari Anda, lalu oleskan pada gigi Anda yang sakit.

4. Kantong teh
Beberapa teh mengandung senyawa yang disebut tanin. Studi menunjukkan bahwa tanin dapat mengurangi rasa sakit gusi dengan membunuh bakteri yang tumbuh di mulut dan mungkin mengiritasi gusi. Teh hijau, teh kembang sepatu, dan teh hitam dikemas dengan tanin dan dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gusi yang parah.

Cara menggunakannya: Masukkan kantong teh ke dalam air mendidih selama 5 menit, lalu keluarkan dan biarkan dingin selama beberapa saat. Saat masih hangat, oleskan langsung ke area yang sakit selama 5 menit.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
5. Lidah buaya
Studi menunjukkan bahwa gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menghancurkan kuman dan mencegah kerusakan gigi. Jadi, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya saat menderita sakit gigi dan sakit gusi.

Cara menggunakannya: Ambil sejumlah gel lidah buaya alami, oleskan ke daerah yang sakit pada mulut lalu pijat dengan lembut. Mengobati sakit gusi ringan memang mudah. Namun, jika rasa sakit masih berlanjut selama lebih dari 5 hari maka temui dokter gigi.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.