Penyebab Kulit Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya


https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Memiliki kulit kaki kering, kasar, atau pecah-pecah adalah hal yang kerap terjadi. Kaki memiliki kelenjar minyak lebih sedikit daripada daerah lain di tubuh. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa solusi sederhana yang bisa dilakukan di rumah, agar tidak mengurangi rasa percaya dirimu.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kulit kering sering muncul di tumit dan sisi kaki dan di antara jari kaki. Ini mungkin membuat area tersebut terasa gatal, kencang, dan bahkan menyakitkan. Meskipun tidak berbahaya, namun kulit kaki pecah-pecah ini dapat mengganggu penampilan.

Saat kulit kaki kering dan pecah-pecah, kamu bisa memberikannya perawatan berupa merendam kaki, memberi pelembab, dan eksfoliasi kulit secara teratur. Ini adalah cara umum untuk dapat mengurangi kulit kering pada kaki, menghilangkan area kulit mati dan kapalan, serta mencegahnya terjadi kembali.

Seperti dilansir dari fimela, Selasa (24/12/2019) faktor-faktor berikut ini dapat menyebabkan kulit kaki kering dan pecah-pecah. Kamu pernah mengalaminya?

1. Kurangnya kelembaban

Kulit kaki kering, pecah-pecah, dan mengelupas sering terjadi pada tumit dan telapak kaki karena daerah ini memiliki lebih sedikit kelenjar minyak daripada kulit di tempat lain pada tubuh.

2. Gangguan

Berdiri terlalu lama atau mengenakan sepatu yang tidak pas dapat memberikan tekanan konstan pada area tertentu dari kaki atau menyebabkan gesekan kulit. Akibatnya, area kaki ini bisa menjadi kering, kapalan, atau retak.

3. Panas dan kelembaban

Sepatu tertutup, seperti sepatu running dan sepatu bot, menciptakan lingkungan yang sangat panas dan lembab untuk kaki. Panas dan kelembaban menarik kelembaban dari kulit, yang dapat menyebabkan area kering, tebal, atau retak pada kaki.

4. Sabun

Sabun yang mengandung bahan kimia atau iritasi yang keras dapat menghilangkan kelembaban dari kulit. Gagal mencuci sabun berlebih dari kaki juga dapat menyebabkan masalah ini.

5 Penuaan

Ini adalah salah satu faktor yang tidak dapat dihindari. Kulit akan kehilangan kemampuannya untuk menahan air dan membuatnya menjadi lebih tipis. Orang yang berusia lebih tua cenderung memiliki kulit kering akibat proses penuaan alami.

6. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, termasuk diuretik, dapat menyebabkan kulit kering pada kaki.

Bagaimana cara mengatasinya?

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Kamu dapat menggunakan tips sederhana berikut ini untuk membantu mencegah kulit kaki pecah-pecah!

1. Mempraktikkan kebersihan kaki yang benar, yang meliputi membersihkan kaki secara menyeluruh, menghilangkan kulit mati, dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan pelembab yang baik

2. Menghindari lotion, sabun, atau produk perawatan lainnya yang mengandung alkohol, menambahkan wewangian dan pewarna, dan potensi lainnya yang menyebabkan iritasi.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

3. Mandi dan merendam kaki menggunakan air hangat, bukan panas.

4.  Memakai sepatu yang pas dengan benar

5. Memulai kebiasaan menggosok kaki setelah mandi, dan usap dengan lembut dengan handuk yang bersih

Mencegah kulit kaki pecah-pecah dan kering yang mengganggu penampilanmu dengan cara-cara sederhana diatas yang bisa kamu lakukan dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. 

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.