Tidur Nyenyak Tapi Mata Masih Terlihat Lelah, Ini Mungkin Jadi Penyebabnya



     Kamu mungkin pernah merasakan sudah tidur selama 8-9 jam per harinya, tapi kondisi mata masih seperti orang yang kelelahan. Bisa saja bengkak, terlihat lelah, bahkan menyebabkan lingkaran hitam muncul di sekitar mata.



Lingkaran hitam dan mata yang terlihat lelah itu umumnya bisa terjadi saat kamu merasa stres atau kurang tidur. Tapi, kalau itu semua sudah tercukupi, bisa jadi ada indikasi lain yang terjadi pada mata kamu.

5 faktor ini mungkin menjadi penyebab mata lelahmu yang dikutip dari Times of India.

1. Alergi

Saat mata terlihat bengkak dan lelah, bisa jadi mata kamu mengalami alergi. Ini bisa terjadi saat ada partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu kucing yang bersentuhan langsung dengan mata. Tubuh kita akan menghasilkan bahan kimia yang disebut histamin, yaitu melebarnya pembuluh darah di bawah mata sehingga meningkatkan aliran darah dan menyebabkan peradangan.

2. Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan air bisa membuat kamu terlihat lelah bahkan terjadi pembengkakan pada mata. Hal ini terjadi karena kulit di sekitar mata kamu sangat sensitif. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih yang banyak setelah bangun dari tidur panjangmu ya.

3. Makan makanan yang asin

Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, terutama di sekitar mata. Retensi cairan ini dapat merengangkan kulit yang super tipis di sekitar mata dan terlihat sangat lelah. Untuk mencegah berkembang menjadi peradangan, mulai kurangi asupan garam dan perbanyak minum air putih.

4. Kelebihan asupan kafein

Sebagian orang pasti sudah terbiasa minum kopi setiap paginya, bahkan dalam sehari, bisa minum 4-5 cangkir. Nah, ini mungkin jadi penyebab mata kamu terlihat bengkak saat pagi hari. Asupan kafein yang berlebihan ternyata bisa membuat kamu dehidrasi, terlihat kusam, dan lelah. Mulai sekarang, coba ganti minuman pagi kamu dengan teh hijau, yang kaya antioksidan serta membantu menjaga kulit tetap sehat.

5. Eyestrain

Terlalu sering menyipitkan mata saat berusaha melihat benda yang jauh atau sulit membaca, bisa membuat mata kamu tegang. Ini menyebabkan pembuluh darah melebar, bengkak, dan muncul mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata.

Untuk mengatasinya, coba istirahat selama 20 menit dari layar komputer bahkan ponsel kamu. Jangan lupa konsultasi ke spesialis mata, bisa saja kamu sudah harus menggunakan kacamata.

Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.