5 Jenis Makanan yang Aman untuk Mencegah Asam Lambung

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Penyakit asam lambung adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Gejala dari penyakit ini, merasakan panas di dada, mual, perih pada perut seperti di tusuk, bahkan sampai mengalami keringat dingin. Banyak faktor yang mempengaruhi naiknya asam lambung pada seseorang.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Naiknya asam lambung dapat dipengaruhi dari gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Banyak jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung, misalnya seperti ketan, coklat, dan makanan yang mengandung santan. Namun ada juga makanan yang dapat mengatasi asam lambung. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah naiknya asam lambung pada seseorang.

Jahe

Selain untuk bumbu dapur dan menjadi minuman yang menghangatkan tubuh, ternyata jahe dipercaya untuk mencegah asam lambung. Sebab kandungan antiradang pada jahe dapat membantu mengatasi masalah pencernaan salah satunya naiknya asam lambung.

Oatmeal dan Roti Gandum

Jika mengalami masalah pada lambung, ada baiknya mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Makanan yang mengandung tinggi serat dapat dicerna oleh lambung dengan baik, misalnya pada oatmeal dan roti gandum.

Daging dan Ikan tanpa Lemak

Mengonsumsi daging dan ikan sangat dianjurkan untuk memenuhi protein di dalam tubuh. Namun ada baiknya hindari daging dan ikan yang mengandung banyak lemak. Perhatikan pula cara memasakanya, daging dan ikan sebaiknya dimasak dengan cara dipanggang, di kukus atau direbus, ingat hindari memasak ikan dengan cara menggorengnya.

Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada, asparagus dan sayuran hijau lainnya, mampu mengurangi sakit pada lambung. Pada sayuran hijau memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga baik jika dikonsumsi untuk penderita penyakit lambung.
https://line.me/R/ti/p/%40psm2899b
Pisang

Pisang yang memiliki pH 5,6 artinya tingkat keasaman buah pisang benar-benar netral dan aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah pada lambung. Pisang juga dapat memberikan efek yang lebihtenang karena mengandung potasium yang menetralkan tekanan darah tinggi.

Nah, berikut tadi beberapa macam makanan yang dapat mengatasi asam lambung. Selain mengonsumsi makanan di atas ada baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga pola makan teratur.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.