7 Manfaat Kesehatan dari Hidup Bebas Kafein

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Banyak makanan dan minuman yang mengandung kafein. Sebagian besar ada yang mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein itu baik untuk tubuh. Namun ada pula yang mengatakan bahwa terlalu banyak kafein itu juga tidak terlalu baik untuk tubuh. Perlu diketahui, baik atau tidaknya kafein untuk tubuh, tergantung seberapa banyak seseorang mengonsumsinya. Tentunya jika ia mengonsumsi lebih dari batas yang disarankan mungkin tidak akan baik bagi tubuh.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Berita baiknya adalah ada banyak manfaat kesehatan yang terbukti bersama minum kopi, dari metabolisme yang lebih cepat hingga rendahnya resiko terkena penyakit alzheimer. Namun, kali ini dilansir dari fimela akan membahas tentang manfaat utama dari mengurangi kebiasaan mengonsumsi kopi.

Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Kebiasaan mengonsumsi kafein bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Studi menunjukkan bahwa asupan kopi harian dapat mengubah siklus tidur seseorang. Hal ini mungkin dapat menyebabkan sulit tidur dan mengantuk di siang hari. Ini bisa benar terutama jika kurang dari enam jam mengonsumsi kafein sebelum tidur. Selain dapat istirahat malam dengan nyenyak dan tidak terganggu, mereka yang bebas kafein mungkin akan memiliki pola tidur yang baik.

Penyerapan Nutrisi yang Lebih Efisien

Jika tidak mengonsumsi kafein, tubuhmu dapat menyerap beberapa nutrisi yang lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi kafein. Tanin dalam kafein mungkin dapat menghambat penyerapan sebagain dari kalsium dan zat besi.

Gigi Lebih Sehat

Kopi dan the bisa dengan mudah membuat gigi menjadi kuning. Ini karena tingginya kadar tannin yang ditemukan dalam minuman ini. Yang menyebabkan penumpukan enamel gigi yang berubah warna.

Menurunkan Tekanan Darah

Kafein terbukti dapat meningkatkan kadar tekanan darah karena efek stimulus pada sistem syaraf. Oleh sebab itu seseorang yang bebas dari kafein cenderung memiliki tekanan darah yang stabil. Asupan kafein yang tinggi yaitu 3-5 cangkir per hari. Hal ini juga dikaitkan dengan resiko penyakit kardio vascular.

Mengurangi Resiko Sakit Kepala

Seseorang yang sering mengonsumsi kafein lebih beresiko mengalami sakit kepala. Terkadang seseorang merasa sakit kepala apabila ia belum mengonsumsi kopi, hal ini dapat membuat seseorang kecanduan untuk mengonsumsi kafein.

Mengurangi Resiko Penuaan Dini

Jika dirimu khawatir tentang penuaan, mungkin ini menjadi manfaat baik untuk tidak mengonsumsi kafein. Kafein dapat mengganggu pembentukan kolagen pada kulit. Karena kolagen memiliki efek langsung pada kulit, tubuh, dan kuku.
https://line.me/R/ti/p/%40psm2899b

Hormon Lebih Seimbang untuk Wanita

Khususnya untuk wanita, akan sangat bermanfaat bila terbebas dari kafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda dapat mengubah kadar ekstrogen. Perubahan kadar ekstrogen dapat sangat memprihatinkan jika dirimu memiliki peningkatan resiko penyakit kanker payudara, endometriosis dan kanker ovarium.

Nah, itu tadi beberapa manfaat jika seseorang terbebas dari kafein. Bukan tidak baik jika mengonsumsi kafein, tetapi sebaiknya memiliki aturan untuk mengonsumsi kafein, jangan terlalu berlebih untuk menjaga kesehatanmu.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.