Gempa Bangkalan Terasa hingga Yogya, Pengunjung Hotel Berhamburan Keluar



      Gempa berkekuatan magnitudo 6,3 yang berpusat di wilayah Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, pada pukul 01.12 WIB, Kamis 6 Februari 2020, turut dirasakan kuat warga Kota Yogyakarta, DIY. Wisatawan yang menginap di hotel bahkan berhamburan keluar.



"Di Yogyakarta juga kenceng banget min. satu hotel sampe keluar semua. Mana saya lantai 5," tulis akun @malamharii, seperti dikutip dari iNews.id, Kamis (6/2/2020).
Getaran gempa bahkan juga dirasakan warga di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. "Sumbawa bagian barat juga terasa," tulis akun@radikalari.

Sedangkan warga Bangkalan, Jawa Timur, menyatakan tidak begitu merasakan getaran gempa.

"Bangkalan aman insya Allah, karena saya standby terus dan kebetulan bertempat tinggal di dekat Pelabuhan Kamal, aktivitas masyarakat pun enggak ada yang terganggu. Semoga daerah yang lain juga diberikan keselamatan. Amin," tulis akun Twitternya @Miftab29065425.

Sementara Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta warganya, terutama yang tinggal di wilayah selatan, untuk meningkatkan kewaspadaan terkait gempa besar di Bangkalan, Jatim.

"Harap berhati-hati wargi Jabar yang berada di sekitar Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya," tulis akun @humasjabar.

Sebelumnya, gempa di Bangkalan dirasakan warga di lima provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, dan Jawa Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bermagnitudo 6,3 itu berpusat di laut dengan jarak 69 kilometer timur laut Bangkalan pada kedalaman 636 km.
Getaran gempa dirasakan (MMI) II-III Bangkalan, II-III Trenggalek, II-III Pacitan, II-III Yogyakarta, II-III Kebumen, II-III Cilacap, II-III Pangandaran, II-III Kuta, dan II-III Kuta Selatan.

BMKG menyatakan gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. "#Gempa magnitudo 6,3. Kamis 6 Februari 2020, pukul 01.12.34 WIB," tulis @infoBMKG.

Hingga saat ini belum diketahui dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.