Jangan Malas, Intip 4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Tidak ada hal yang lebih baik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri selain untuk memastikan kondisi jantung yang sehat. Pencegahan dini dari penyakit-penyakit kritis sangat penting untuk jantung yang sehat di kemudian hari.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Orang-orang yang merawat dan memelihara jantungnya tidak hanya hidup lebih lama tetapi mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu tanpa penyakit kardiovaskular," ujar Donald Lloyd-Jones, MD, dari Sekolah Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern. Melansir dari thelist.com, berikut beberapa cara sederhana namun kerap disepelekan untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Yuk, jangan malas.

Olahraga rutin

Semua jenis olahraga memiliki fungsi yang baik untuk membantu menjaga berat badan tetap ideal dan membuat tubuh bergerak. Apabila dilakukan secara rutin organ jantung akan terjaga kesehatannya. Berolahragalah selama 30 menit setiap hari. Lloyd-Jones mengatakan, tidak masalah jenis olahraga apa yang kamu pilih tetapi harus membuat tubuh berkeringat. Jika kamu benar-benar tidak bergerak seharian, kesehatan jantung akan memburuk.

Berhenti merokok

Merokok sangat meningkatkan risiko tubuh terjangkit beragam penyakit jantung dan kematian. Hati-hati juga jika kamu adalah perokok pasif. Studi menunjukkan bahwa risiko terkena penyakit jantung adalah sekitar 25 hingga 30 persen lebih tinggi bagi orang-orang yang terpapar asap rokok di rumah atau di tempat kerja. American Heart Association mencatat bahwa paparan asap tembakau menyebabkan sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung prematur dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun.

Tidur cukup

Tidur yang cukup adalah elemen penting untuk menjaga kesehatan jantung. Studi yang mengamati 3.000 orang dewasa berusia di atas 45 tahun menemukan bahwa mereka yang tidur enam hingga delapan jam per malam memiliki jantung yang lebih sehat. Para peneliti percaya tidur terlalu sedikit menyebabkan gangguan pada kondisi kesehatan yang mendasar, termasuk tekanan darah dan peradangan.

Cobalah untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Studi menunjukkan bahwa cukup tidur pada usia berapa pun penting untuk kesehatan jantung.
https://line.me/R/ti/p/%40psm2899b

Jaga kesehatan gigi dan mulut

Mungkin mengejutkan tetapi mulut yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang menderita penyakit periodontal (gusi) seringkali berakhir dengan penyakit jantung.

Penelitian terus berlanjut pada masalah ini tetapi banyak yang menunjukkan bahwa bakteri dalam mulut yang terlibat dalam perkembangan penyakit gusi dapat pindah ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, penanda untuk peradangan pada pembuluh darah. Perubahan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.