Nyeruput Teh Secara Perlahan Bisa Bikin Rileks dan Redakan Stres

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Suasana hati yang buruk alias bad mood bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Kondisi ini umumnya disebabkan berbagai macam, mulai dari stres hingga rasa cemas yang berlebihan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kendati demikian, bad mood bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya, suasana hati yang buruk dapat diatasi dengan segera melalui beberapa cara. Salah satunya dengan mengonsumsi teh yang dipercaya bisa membantu mengembalikan mood yang sempat hilang.

"Proses menyeduh teh dan menyeruputnya perlahan dapat membantu untuk lebih rileks dan meredakan stres," kata guru yoga tersertifikasi dan thriatlete, Fitri Tasfiah saat acara #DontWorryTeaHappy bersama Darlie di Jakarta, Jumat (7/2).

Selama periode stres, teh mampu meningkatkan ketenangan melampaui efek dari sifat fisiknya pada tubuh dan otak. Di sisi lain, ritual membuat dan mengonsumsi teh sendiri memberikan kontribusi penting terhadap efek keseluruhan dari meditasi stres.

Bahkan, teh juga dipercaya dapat menciptakan momen santai yang dapat membantu terlepas dari tekanan. Sedangkan, aktivitas membuat teh, misalnya setelah selesai mengerjakan tugas dikaitkan dengan perasaan komunalitas dan solidaritas, di mana merasa dijaga dan dirawat.

"Dari nyeduh tehnya aja udah bangkitkan mood. Dari rebus teh, seduh itu sesuatu yang seru buat aku. Aromanya berpengaruh dengan mood. Makanya kenapa di kelas yoga ada aroma, biar tubuh kita rileks dan mood, tenang," jelasnya.

Tentu saja hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah ada banyak jenis teh yang berbeda di dunia, dengan sejumlah bahan herbal dan kadar kafein yang berbeda, yang semuanya dapat menghasilkan efek berbeda dalam tubuh. Untuk teh peppermint misalnya. Teh aromatik ini bekerja dengan baik untuk mengurangi stres dan membebaskan diri dari kecemasan. Mentol yang terkandung dalam peppermint adalah pelemas otot alami. Saat stres atau cemas, cenderung merasa sangat tegang dan mudah tersinggung.

Minum teh peppermint akan membantu memiliki ketenangan secara keseluruhan. Karena efek relaksasi dari teh peppermint dan kurangnya kafein, itu membuat teh yang enak untuk diminum sebelum tidur. Ini akan membantu tidur nyenyak, persis seperti yang dibutuhkan setelah hari panjang. Teh chamomile, tidak hanya mengurangi stres dan kecemasan, tetapi juga membantu mengobati insomnia. Sama seperti teh peppermint, teh chamomile memiliki manfaat besar dalam mengendurkan otot dan mengurangi iritabilitas.

"Lemon balm ramuan penenang yang termasuk dalam kelompok mint. Memiliki rasa mint alami dengan sedikit rasa lemon, teh ini mengurangi hormon stres yang disebut kortisol dan melemaskan tubuh tanpa menyebabkan kantuk dan membantu meningkatkan suasana hati. Passionflower, obat alami yang bagus untuk mengatasi stres dan kecemasan. Ini karena flavone chrysin yang terkandung dalam bunga yang memiliki manfaat anti-kecemasan dan membantu mendorong tidur tenang," papar Fitri Tasfiah.
https://line.me/R/ti/p/%40psm2899b

Selain itu, polifenol dalam teh hijau membantu mengatasi kecemasan dan stres. Meskipun teh hijau mengandung banyak kafein, teh ini bersifat adaptogenik sehingga membuat tetap terjaga namun cukup tenang tanpa membuat merasa mengantuk. Selain banyak manfaatnya, teh mawar juga membantu mengatasi stres dan kecemasan.

"Ini dapat menenangkan pikiran. Teh mawar, teh yang sangat baik untuk diminum sebelum tidur. Efeknya yang menenangkan membantu tidur nyenyak," pungkasnya.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.