TKI Yang Diamankan Diserahkan Polisi ke Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Asahan

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dari sebanyak 20 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diamankan oleh Sat Intelkam Polres Tanjungbalai pada hari Jumat (7/2/2020) lalu, sebanyak 18 orang diantaranya telah diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Asahan, Sabtu (8/2/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Demikian diungkapkan Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, kepada awak media, Minggu (9/2/2020).

“Awalnya, pada hari Jumat (7/2/2020) sekitar pukul 15.00 WIB, personil Sat Intelkam Polres Tanjungbalai telah mengamankan sebanyak 20 orang TKI dari depan SPBU di Jalan Alteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai,” ujar Putu.

Para TKI ,tersebut diketahui baru tiba dari Malaysia dengan menumpang kapal kayu/pompong bermesin Dongfeng dan turun di Desa Sei Apung yakni perbatasan antara Kabupaten Asahan dengan Kota Tanjungbalai, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Tanjungbalai dengan naik beca bermotor (betor).

Karena masuk dengan menumpang kapal kayu/pompong, selanjutnya ke-20 TKI tersebut dibawa ke Polres Tanjungbalai guna menjalani pemeriksaan seperti pencatatan, pemeriksaan terhadap barang bawaan serta melakukan berita acara interogasi. Dari hasil pendataan yang dilakukan, diketahui bahwa ke-20 orang TKI tersebut terdiri dari 3 (tiga) orang anak usia balita, 5 (lima) orang perempuan dewasa dan 12 (sepuluh) orang adalah laki laki dewasa.

Akan tetapi, dari 20 orang TKI tersebut, 2 (dua) orang diantaranya yakni laki laki dewasa atas nama Muhammad Zul Falinsyah dan Musassirin dicurigai membawa barang terlarang yang diduga Narkotika jenis sabu-sabu dengan berat keseluruhan 2.000 gram (2 kg).

Guna proses pemeriksaan lebih lanjut, terhadap kedua orang TKI tersebut langsung dilakukan penahanan dan diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjungbalai.

https://line.me/R/ti/p/%40psm2899b

Sementara, terhadap 18 orang TKI lainnya, juga dilimpahkan ke Satuan Reserse Kriminal untuk menjalani proses identifikasi secara menyeluruh. Dan, pada hari Sabtu (8/2) sekitar pukul 14.30 wib, ke-18 orang TKI tersebut telah diserahkan kepada PPNS di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Asahan,” ujar Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, SIK,MH.

Menurut Putu Yudha, penyerahan TKI tersebut ke PPNS di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Asahan sesuai dengan ketentuan dari Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Imigrasi. Sedangkan, lanjutnya, terhadap pemilik/Nahkoda dari kapal kayu/pompong yang mengangkut para TKI tersebut dari Malaysia ke Indonesia, penyidik Sat Reskrim Polres Tanjungbalai akan melakukan pencarian bekerjasama dengan PPNS dari Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Asahan.


Sumber:realitarakyat

No comments

Powered by Blogger.