Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Kenali Penyebabnya



     Gejala sakit pinggang sebelah kiri umumnya akan muncul pada area tersebut. Biasanya gejala sakit pinggang sebelah membuat penderitanya sulit untuk melakukan aktivitas, karena rasa sakit pada area tersebut.



Gejala sakit pinggang sebelah kiri bisa menyebar hingga ke daerah tubuh lain seperti pangkal paha, paha bagian belakang, dan bokong. Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pun beraneka ragam. 

Penyebab yang paling sering adalah akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat, sehingga menyebabkan cedera. Adapun pada wanita, penyebab sakit pinggang sebelah kiri bisa terjadi karena kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan kehamilan.

Meski gejala sakit pinggang sebelah kiri terlihat sepele, namun kamu perlu berkonsultasi ke dokter jika sakit pinggang terjadi berkelanjutan atau disertai gejala sakit pinggang sebelah kiri lainnya.

Berikut gejala sakit pinggang sebelah kiri lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020).

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri maupun kanan merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi pada setiap orang. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti otot, ginjal, saraf, dan tulang belakang.

Sakit pinggang atau Low Back Pain (LBP) umumnya dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas atau olahraga. Penyebab tersering sakit pinggang adalah faktor pekerjaan akibat posisi tubuh yang salah secara berulang dalam waktu yang lama.

Salah satu sakit pinggang yang umum terjadi adalah bagian sebelah kiri. Gejala sakit pinggang sebelah kiri umumnya akan muncul pada area tersebut dan sekitarnya. Untuk memastikan penyebab sakit pinggang sebelah kiri, kamu bisa mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan beberapa langkah tindakan medis. Adapun penyebab sakit pinggang sebelah kiri, seperti:

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Gejalanya

Gangguan pada Organ Ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pertama adalah gangguan pada ginjal. Hal ini dikarenakan ginjal terletak dekat dengan pinggang, sehingga gangguan pada ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri yang diakibatkan terganggunya organ ini akan merasakan sakit di antara tulang rusuk bawah dan panggul.

Otot Tegang

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri berikutnya adalah otot tegang. Melakukan aktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan pinggang yang terlalu berat, maka otot dan urat di punggung bisa tertarik, menjadi tegang bahkan roberk,

Gejala sakit pinggang sebelah kiri akibat kondisi ini adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa reda dan pulih kembali setelah penderita mendapati cukup istirahat dan menjalani fisioterapi.

Cedera Fisik

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri lainnya adalah cedera pinggang. Kerusakan otot dan tulang di sekitar pinggang kiri juga dapat menyebabkan sakit pada pinggan sebelah kiri. Gejala sakit pinggang sebelah kiri ini umumnya dirasakan beberapa saat setelah terjadi cedera. Bisa yang diakibatkan patah panggul atau otot di sekitar pinggang kiri yang mengalami kerusakan.

Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.