Hantavirus yang Muncul di China Tidak Menular Antarmanusia



     Belakangan, bukan hanya virus corona covid 19 yang mengancam, melainkan juga Hantavirus. Seorang pria di China, baru-baru ini dikabarkan meninggal dunia setelah beberapa hari positif terinfeksi Hantavirus.



Seperti dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention CDC), Hantavirus atau Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) merupakan penyakit pernapasan yang parah dan bisa berakibat fatal pada manusia.

Virus ini dibawa oleh binatang pengerat, seperti tikus. Penyakit paru ini memiliki gejala yang sama seperti flu.

Muncul kekhawatiran, masyarakat akan menjadi panik mengingat virus ini kemunculannya juga dari China, sama halnya virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19.

Meski tetap perlu waspada, masyarakat tak perlu panik karena Hantavirus dari China ini tak bisa menular antarmanusia. Menurut Ilmuwan asal Swedia, Dr Sumaiyah Shaikh, Hantavirus Pulmonary Syndrome ini virus yang sudah ada sejak lama.

Hantavirus kali pertama muncul pada 1950 di sungai Hanta tempat perang Korea dan Amerika Serikat.

Untuk tetap memberikan ketenangan dengan munculnya kasus baru mengenai Hantavirus dari China ini, berikut penjelasan lengkapnya.

Tak Menular Antarmanusia

Sebelum terjadi di China awal pekan ini, kasus serupa mengenai Hantavirus Pulmonary Syndrome, yang menyebabkan kematian juga terjadi di New York pada 2018.

Jika di China, Hantavirus menyebabkan kematian penumpang bus, kasus Hantavirus di New York menyebabkan kematian seorang penunggang kuda di Benmnt Park.

Kendati demikian, Dr Sumaiya Shaikh menjelaskan warga dunia tak perlu panik akan Hantavirus. Virus ini tidak menyebar seperti COVID-19. Virus ini tidak menular antarmanusia.

“Jangan panik, kecuali Anda berencana untuk makan tikus,” ujar Sumaiyah Shaikh.

Hal ini juga dipertegas oleh Badan Pengontrol Penyakit Amerika (CDC) yang menyebutkan bahwa Hantavirus sangat jarang terjadi. Penyakit paru-paru ini memiliki tingkat kematian antara 38-40 persen. Penyakit paru Hantavirus ini tak bisa menular antarmanusia.


Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.