Makanan Terbaik untuk Kurangi Risiko Glaukoma

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Glaukoma adalah penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Ada sekitar 5,7 juta orang secara global yang akhirnya mengalami tunanetra dikarenakan penyakit ini.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Glaukoma terjadi karena naiknya tekanan intraokular (TIO) yang disebabkan peningkatan tekanan cairan di dalam mata sehingga menyebabkan kerusakan saraf optik yang berfungsi sebagai jembatan antara otak dan mata untuk memproses informasi visual. Perlu diketahui, orang dari semua kelompok umur bisa terkena glaukoma, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut adalah daftar makanan sehat untuk mencegah glaukoma.

1. Ikan
Ikan seperti tuna, salmon, dan mackerel mengandung EPA dan DHA. Yaitu sejenis asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan pasokan darah pada mata dan mencegah kerusakan saraf optik.

2. Jeruk
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari dua buah jeruk segar per minggu memiliki risiko rendah terkena glaukoma.

3. Wortel

Menurut sebuah penelitian, adanya kandungan vitamin A dan karoten dalam wortel dapat membantu mengurangi risiko glaukoma dan membantu mengurangi risiko penyakit mata.

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t
4. Bayam
Bayam memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan dua karoten alami yang bertindak sebagai antioksidan. Kehadiran dua karoten ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif sehingga membantu meningkatkan kesehatan mata.

5. Kale
Sayuran yang masih masuk dalam jenis kubis ini memiliki kandungan vitamin A dan karoten. Mengonsumsi sayuran ini dapat mengurangi risiko glaukoma.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.