Penumpang Akui Terpapar Pasien Corona, Penerbangan di AS Gagal Lepas Landas



       Sebuah penerbangan maskapai Delta Air Lines di New York, Amerika Serikat (AS), sempat gagal lepas landas setelah salah satu penumpang mengakui terpapar pasien virus Corona. Penumpang itu diturunkan dari pesawat sebagai langkah antisipasi dan pesawat kemudian dibersihkan.



Seperti dilansir CNN, Selasa (17/3/2020), penerbangan Delta Air Lines dengan nomor 2503 ini dijadwalkan lepas landas dari Bandara JFK, New York, menuju Seattle pada Senin (16/3) malam. Sesaat sebelum lepas landas, seorang penumpang menyatakan dirinya sempat terpapar pada seseorang yang positif virus Corona.

Menurut sumber yang terlibat dalam operasional bandara AS, sang penumpang itu tidak mengalami gejala-gejala apapun. Namun penumpang yang tidak disebut namanya itu, tetap diturunkan dari pesawat sebagai bentuk kehati-hatian.

"Penumpang itu sedang ditanyai, informasi ini sedang diteruskan kepada CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS). Mereka akan memutuskan apa yang akan dilakukan terhadap penerbangan ini dan kita semua," ucap sang pilot pesawat kepada para penumpang.

Maskapai Delta Air Lines mengonfirmasi insiden ini dan menyatakan pesawat sedang dibersihkan. "Kami terus mengikuti semua panduan dari CDC dan otoritas kesehatan setempat. Keselamatan dan kesehatan para pelanggan dan awak kami tetap menjadi prioritas utama," ucap juru bicara Delta Air Lines, Kate Modolo, kepada CNN.

Salah satu penumpang yang bernama Thomas Chung menuturkan kepada CNN bahwa para penumpang diizinkan kembali masuk ke dalam pesawat setelah pesawat dibersihkan dan melanjutkan penerbangan ke tujuan. Tidak diketahui berapa lama penundaan penerbangan berlangsung.

CDC telah meminta siapa saja yang merasa tidak sehat, baik orang-orang yang meyakini mereka mungkin terinfeksi virus Corona atau orang-orang yang menunggu hasil pemeriksaannya, untuk menghindari perjalanan hingga dinyatakan bersih oleh profesional medis.

Pada Rabu (11/3) lalu, maskapai JetBlue melarang terbang seorang penumpang yang terbang tanpa memberitahu awak pesawat bahwa dirinya sedang menunggu hasil pemeriksaan virus Corona. Penumpang ini baru memberitahu awak setelah mendarat di West Palm Beach bahwa hasil pemeriksaannya positif virus Corona. Alhasil, aktivitas pembersihan total dilakukan di area-area yang dilewati penumpang itu.

Sejauh ini, otoritas AS mengonfirmasi total 4.475 kasus virus Corona di nyaris seluruh negara bagian, dengan 87 orang meninggal dunia.


Sumber :detik

No comments

Powered by Blogger.