Pertama di Yunani, Ibu Positif Virus Corona Lahirkan Bayi Sehat

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Seorang wanita di Yunani yang positif mengidap virus corona, berhasil melahirkan bayi sehat di rumah sakit Athena pada Kamis (19/3/2020). Menurut kabar dari media lokal ekathimerini.com, ini adalah bayi sehat pertama dari seorang wanita yang positif corona. 

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Namun tidak dijelaskan apakah ini yang pertama di Yunani atau seluruh dunia. Dilansir dari kantor berita AFP, wanita berusia 24 tahun ini dan pasangannya sama-sama dinyatakan positif corona pada Rabu sebelum melahirkan. Mereka mengalami gejala terinfeksi corona pada Minggu pekan lalu, dan menginformasikan ke Sistem Kesehatan Nasional.

Sang ibu yang hamil 40 minggu kemudian direkomendasikan ke rumah sakit Attikon untuk diinduksi persalinannya. Kabar baiknya, ketika bayi lahir dan dites apakah mengidap Covid-19, hasilnya negatif. Media lokal Greek Reporter melaporkan, baik ibu dan anak dalam kondisi sangat baik. Sang ibu kini dipindahkan ke ruang tekanan negatif, dan bayi ditempatkan di unit perawatan neonatal untuk pemantauan.

"Virus ini tidak ditularkan oleh plasenta," kata Direktur Persalinan di RS Attikon, pada penyiar nasional Yunani ERT. Pihak rumah sakit telah mempersiapkan kelahiran dengan memasang area terbatas di bangsal, dan para dokter semuanya mengenakan tiga pasang sarung tangan.

Kacamata pelindung dan masker juga dikenakan, sebagai peralatan untuk melakukan operasi sesar.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Bayi ini dilahirkan sesar karena bobotnya lebih dari 4.000 gram "Ini adalah pengalaman unik," kata seorang dokter kandungan pada ERT, yang dikutip dari AFP. Meski bayinya dinyatakan negatif corona, sang ibu harus tetap diisolasi selama 14 hari ke depan. Dia baru diperbolehkan menggendong bayinya setelah masa isolasinya selesai.

Di Yunani sendiri sampai berita ini dirilis telah mencatatkan 464 total kasus infeksi virus corona. 6 korban meninggal dunia, sedangkan yang sembuh 19 pasien, menurut data dari Worldometers.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.