4 Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari saat Sahur



Tidak ada aturan keras dan mutlak tentang makanan terbaik untuk sahur. Kita semua berbeda, kita semua memiliki kebutuhan yang berbeda, selera, ketersediaan makanan juga menjadi salah satu faktor. Tetapi ada beberapa pedoman umum yang dapat diikuti  tentang makanan terbaik untuk dimakan dan yang perlu dihindari. Berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu dihindari saat sahur.


Makan Makanan Manis

Megonsumsi donat atau kue manis lainnya untuk sahur dapat memberi perasaan kenyang untuk sementara waktu saja, tetapi dirimu akan kembali merasakan lapar setelah 2 jam. Sebagi gantinya, pilihlah salad lezat yang mencakup buah nanas, stroberi, dan pisang yang diiris kecil-kecil.

Makanan Asin yang Berlebihan

Mengonsumsi makanan pedas dan asin seperti keripik jalapeno atau sosis sapi dan kacang asin memicu rasa haus sepanjang hari. Penuhi nutrisi saat sahur dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, daging, dan ikan serta buah dan sayuran.

Hindari Minuman Berkafein dan Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dan berkafein menyebabkan kegelisahan dan haus di siang hari. Hindari kelebihan kafein sehingga dapat menjalani puasa tanpa gangguan hingga berbuka puasa.
Hindari Tidur Setelah Sahur

Tidur sesaat setelah sahur dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan karena tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Bahkan berbaring sebentar tanpa benar-benar tidur dapat memicu masalah seperti refluks asam. Usahakan untuk tetap aktif setidaknya 2 jam setelah sahur lalu tidur siang sebentar sebelum berangkat kerja.

Berikut tadi beberapa hal kecil yang perlu dihindari saat sahur agar tetap bertahan melakukan puasa selama 12 jam. Tetap perhatikan asupan makan baik saat sahur atau pun berbuka ya !

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.