Badai Tropis yang Terjadi di Timur Filipina dapat Mendekati Taiwan



Badai tropis yang bergejolak di lepas pantai tenggara Filipina kemungkinan akan berubah menjadi badai tropis pertama tahun ini (12 Mei), dan ada kemungkinan ia bisa mendekati Taiwan, tetapi diperlukan lebih banyak pengamatan untuk menentukan.


Badai tropis yang terletak sekitar 1.740 kilometer selatan-tenggara Taiwan kemungkinan akan membentuk Badai Tropis Vongfong (黃蜂, tawon) hari ini, menjadikannya badai tropis pertama tahun ini, menurut Central Weather Bureau (CWB). Depresi tropis saat ini bergerak ke utara-barat laut dengan kecepatan 10 kilometer per jam.

WeatherRisk Explore Inc., Presiden Peng Chi-ming (彭啟明) mengatakan bahwa depresi tropis kemungkinan akan berevolusi menjadi badai tropis hari ini atau Rabu. Peng memperkirakan badai itu akan menyerang daratan di Filipina sebelum membelok ke utara atau menuju selatan ke Laut Cina Selatan, dalam hal ini badai itu bisa berayun ke utara dan meliuk-liuk di perairan lepas pantai Taiwan Timur.
Peng mengatakan bahwa jika potensi badai tropis berdampak pada Taiwan, kehadirannya tidak akan terasa sampai akhir pekan. Namun, ia mengatakan pengamatan lebih lanjut diperlukan selama dua hari ke depan untuk menentukan apakah akan berdampak pada pulau itu.

Administrasi Layanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina (PAGASA) mengatakan bahwa kekuatan badai akan bergantung pada berapa lama ia bertahan di laut. Badan cuaca memperkirakan bahwa badai akan bergerak ke utara dalam beberapa hari mendatang dan kemungkinan melintasi Luzon tengah pada hari Jumat (15 Mei).

Sumber:taiwannews

No comments

Powered by Blogger.