Cara Membuat Keripik Pisang Balado yang Renyah



Keripik pisang cocok untuk camilan. Pas juga disajikan saat lebaran. Bila selama ini kita familier dengan keripik pisang manis dan gurih, kali ini coba bikin keripik pisang balado.


Cita rasa pedasnya pun membuat keripik pisang ini bikin ketagihan. Selengkapnya, langsung saja simak langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Gunakan Pisang Mentah

Kita perlu menggunakan pisang mentah. Salah satu jenis pisang yang pas dibuat jadi keripik adalah pisang kepok. Untuk satu sisir pisang kepok tua yang masih mentah, siapkan bumbu halus yang terdiri dari:

    29 biji cabai rawit
    4 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    1 keping gula merah
    garam dan penyedap rasa secukupnya

Pisang Direndam Terlebih Dahulu

Pisang dikupas. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan tambahkan air hingga semua pisang terendam. Rendam pisang selama beberapa saat agar getahnya hilang. Setelah itu, pisang ditiriskan lalu dipotong tipis-tipis.

Pisang Digoreng Sampai Kuning Kecokelatan

Panaskan minyak goreng. Masukkan pisang yang sudah diiris ke dalam minyak. Goreng sampai kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.


Bumbu Halus Ditumis

Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Setelah itu, matikan kompor. Kemudian, masukkan keripik pisang. Aduk-aduk sampai bumbu rata.

Setelah uap panasnya hilang, keripik pisang bisa disimpan di dalam stoples bertutup rapat agar tetap renyah. Selamat mencoba!

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.