Diculik Sejak 2018, Pekerja Kemanusiaan Italia Berhasil Dipulangkan ke Negara Asalnya



     Seorang pekerja kemanusiaan Italia, yang diculik di Kenya pada November 2018, telah diterbangkan kembali ke negara asalnya.

Silvia Romano (25) mendarat di bandara Ciampino Roma pada Minggu (10/5/2020) dengan ditemani pria bertopeng dari dinas rahasia Italia. Kedatangannya disambut oleh orang tua dan saudara perempuannya bersama dengan perdana menteri dan menteri luar negeri Italia.



Lonceng gereja dibunyikan dan orang-orang bertepuk tangan dari balkon mereka di kota asalnya Silvia di Milan untuk merayakan kepulangannya.

Silvia mengatakan dia merasa baik, baik "secara fisik dan mental".

Berdasarkan laporan yang dilansir BBC, Silvia dibebaskan dari diduga kelompok militan Al Shabab dekat Ibu Kota Somalia Mogadishu pada Sabtu (9/5/2020). Dinas rahasia Italia dengan bantuan Turki dan Somalia dikatakan telah menjamin pembebasannya.

Silvia, yang bekerja untuk badan amal Italia, Afrika Milele Onlus, ditangkap oleh orang-orang bersenjata dari sebuah hotel kecil di Negara Bagian Kilifi, Kenya tenggara, pada 2018. Dia diyakini kemudian dibawa ke Somalia.

Polisi Kenya pada saat itu menawarkan hadiah USD10.000 untuk membantu menemukannya.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan Silvia 18 bulan lalu. Kelompok Al Shabaab yang berbasis di Somalia diyakini berada di balik penculikan Silvia.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.