Geram Ucapan Indira Kalistha. Dokter Tirta, Kritis dan Egois Beda



Youtuber Indira Kalistha menjadi sorotan usai mengeluarkan pengakuan terkait virus corona yang menurutnya bukan perkara besar. Indira bahkan mengatakan bahwa dirinya hanya menggunakan masker di luar rumah jika ditegur.

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask, aku pakai setiap hari ya. Kalau masker yang udara-udara gitu aku gak pake, kecuali memang kaya ditegur kaya, 'bu bisa pakai maskernya?" pakai. Tapi kalau nggak ditegur ya lepas lagi. Ini napas sayang sayang ditutup-tutup gitu loh ya. Sesek nih dada juga sesek," kata Indira saat diundang sebagai tamu dalam konten milik Gritte Agatha yang tayang di 



YouTube pada Kamis, 14 Mei 2020.
Tak cuma soal masker, perempuan yang memiliki pengikut lebih dari 1,5 juta di Instagram dan 3,1 juta subscribers itu juga mengatakan tidak mengikuti anjuran WHO untuk sering cuci tangan setelah menyentuh barang-barang yang bisa saja menularkan virus Corona.

Gara-gara pernyataannya itu, Indira yang dikenal sebagai beauty vlogger itu mendapat banyak hujatan dari netizen. Kecaman juga datang dari Dokter Tirta Mandira Hudi atau yang akrab disapa Dokter Tirta. Dokter, pengusaha, sekaligus influencer ini menganggap ucapan seperti itu sangat tak pantas dikeluarkan. Terlebih, saat ini banyak orang yang tengah berjuang di tengah pandemi.


"Gini buat tokoh tokoh, oknum siapa pun. Saya ga masalah situ ga takut, bilang "saya ga pake masker saya hidup". Ye emang bener hidup. Saya juga ga pake baju, ga pake sempak, juga hidup. Jangan menantang takdir. Kita di sini hidup karena ada alasan," tulis Dokter Tirta di akun Instagramnya, 

Jumat, 15 Mei 2020.

Terkait pemakaian masker yang dianggap remeh, DokterTirta mengingatkan bahwa kebijakan itu sudah diatur oleh pemerintah. Demikian juga kampanye cuci tangan yang sejak lawas sudah digaungkan lewat PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat). Dokter Tirta mengingatkan semua orang yang kebetulan punya follower banyak untuk berhati-hati sebelum membuat konten. "Pikirkan impactnya baik-baik, kontroversial atau tidak," tulisnya.

Dokter Tirta lebih lanjut mengatakan perkara hidup atau mati memang sudah diatur oleh Tuhan. Tapi itu bukan alasan untuk berkata-kata yang meremehkan COVID-19. Dokter Tirta bahkan mengambil contoh Jerin SID. Meskipun selama ini berbeda argumen dengannya, Dokter Tirta mengatakan penggebuk drum Superman is Dead itu selalu memberikan edukasi bagaimana mencegah penularan corona seperti menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan sebagainya.

"Jadi saya gak tahu, tujuan orng-orng yang tiba2 di bulan Mei, berbicara "makan ga cuci tangan di depan publik" mau pansos ikut2an riding wave konspirasi apa gimana?" tanya Dokter Tirta.

Ia pun menganggap wajar bila orang yang membuat pernyataan tersebut banjir hujatan, baik yang pro maupun kontra konspirasi.

"Kritis dan egois itu beda kawan. Camkan itu. Dan jika disebut "mereka ga ngerti" oke saya dokter, saya ga dianggap ngerti. Gpp. Tapi inget lho, jangan salahin kalo start today, jutaan orang mencela tindakan Anda. Jutaan orng yang merugi karena covid entah fisik dan jasmani," kata Dokter Tirta.

Tak hanya itu, Dokter Tirta juga menyayangkan Gritte Agatha yang menayangkan pembicaraan tersebut. 

Lewat Instagram Story, ia melontarkan kecamannya. "Si pemilik channel: bisa nggak sih ngecut aja statemen si mba ini dan baru dishare. Klo dishare sama aja kek lu 'ngeiyain' statemen bloon ini, Subscribers udah 2 jutaan... kasian org2 yang nonton yg ngedukung pernyataan si bloon ini dan mengikutinya,"tuturnya.


Sumber : tempo.com

No comments

Powered by Blogger.