Hujan Deras Turun Pada Sabtu di Taiwan, Tetapi Ancaman Masih Ada



Hujan deras yang membasahi Taiwan pada Jumat dapat mereda pada Sabtu (23 Mei), tetapi hujan deras masih dapat mempengaruhi bagian tengah dan selatan negara itu, Biro Cuaca Pusat (CWB) memperingatkan.

Taiwan kemungkinan akan melihat lebih sedikit curah hujan selama akhir pekan karena bagian depan hujan prem yang membawa banjir bergerak ke selatan menuju Selat Bashi dan angin tenggara melemah, kata peramal cuaca.

Menurut CWB, Taiwan utara dan daerah dataran rendah di Taiwan tengah harus melihat cuaca yang lebih ringan, meskipun mereka masih bisa mendapatkan hujan lebat, didefinisikan oleh CWB sebagai curah hujan lebih dari 80 milimeter selama 24 jam atau 40 mm curah hujan dalam satu jam.

Daerah pegunungan di Taiwan tengah dan daerah dataran rendah di Taiwan selatan dapat melihat hujan yang sangat deras, yang CWB mendefinisikan sebagai lebih dari 200 mm curah hujan selama 24 jam atau lebih dari 100 mm dalam tiga jam.

Di selatan, daerah pegunungan di Kabupaten Chiayi dan beberapa daerah dataran rendah di Kaohsiung dan Pingtung bahkan bisa melihat hujan deras, sama dengan lebih dari 350 milimeter curah hujan selama 24 jam, kata biro itu.

Di daerah pegunungan di Kaohsiung dan Pingtung, "hujan deras yang ekstrem" dengan curah hujan lebih dari 500 mm dapat turun selama 24 jam, menurut perkiraan biro.

Sementara itu, petir, hembusan kuat, jatuh batu, tanah longsor dan banjir kemungkinan besar terjadi di seluruh pulau, menurut CWB.

Pada hari Jumat, beberapa sekolah dan kantor ditutup, dan banjir dan gangguan lalu lintas dilaporkan di sekitar Taiwan karena cuaca buruk.

Bagian dari Kaohsiung dan Pingtung, di mana ketinggian air sedalam anak sapi, menyaksikan banjir paling parah di Taiwan.

Curah hujan terberat tercatat di Sandimen Township di Pingtung, dengan curah hujan 550 mm terakumulasi antara tengah malam dan 6 malam. Jumat.


Di Hsinchu Taiwan utara, batu jatuh memblokir rel kereta api sekitar tengah hari, menyebabkan penundaan bagi 1.400 penumpang pada 10 kereta Administrasi Kereta Api Taiwan (TRA).

Beberapa jalan, termasuk bagian dari Southern Cross-Island Highway di selatan, juga ditutup sebagai tindakan pencegahan, kata otoritas transportasi.

Menurut Departemen Pendidikan, 26 sekolah di Taiwan, yang sebagian besar berada di Tainan dan Kaohsiung, telah melaporkan kerusakan hingga NT $ 1,59 juta (US $ 53.200) karena hujan lebat.

Sumber:taiwannews

No comments

Powered by Blogger.