Infeksi Covid-19 Bisa Sebabkan Penyakit Radang Tiroid



Para peneliti telah menemukan bahwa pasien Covid-19 dapat mengembangkan penyakit radang tiroid yang disebut tiroiditis subakut. Tiroiditis subakut adalah penyakit tiroid inflamasi yang ditandai nyeri leher dan biasanya didahului infeksi saluran pernapasan atas.


Menurut sebuah studi kasus baru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, kondisi ini mungkin disebabkan oleh infeksi virus atau reaksi peradangan pasca-virus, dan banyak virus telah dikaitkan dengan penyakit ini.

SARS-CoV-2 (Covid-19) telah muncul sebagai pandemi dengan gejala pernapasan parah dan mungkin melibatkan organ lain. Lebih dari 5 juta kasus Covid-19 telah dikonfirmasi di seluruh dunia.

"Kami melaporkan kasus tiroiditis subakut pertama setelah infeksi SARS-CoV-2," kata peneliti studi Francesco Latrofa dari University Hospital of Pisa di Italia seperti dilansir Times Now News, baru-baru ini.

"Dokter harus waspada tentang kemungkinan manifestasi klinis tambahan ini terkait dengan Covid-19," tambah Latrofa.

Untuk temuan tersebut, dokter memeriksa seorang wanita berusia 18 tahun yang terinfeksi Covid-19 setelah diekspos ayahnya.


Dia benar-benar pulih dari Covid-19, tes negatif beberapa hari kemudian, tetapi mulai mengalami beberapa gejala tambahan. Wanita muda itu dilaporkan menderita sakit leher dan tiroid, demam, dan detak jantung meningkat. Dia dikirim kembali ke rumah sakit, di mana dia didiagnosis menderita tiroiditis subakut.

Para peneliti menyebutkan bahwa dia memiliki fungsi dan pencitraan tiroid normal hanya satu bulan sebelumnya. "Karena hubungan kronologis, SARS-CoV-2 dapat dianggap bertanggung jawab atas timbulnya tiroiditis subakut," ungkap Latrofa.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.