Melihat Warung Sedekah yang Sediakan Sayuran dan Bumbu Gratis



     Warung Sedekah Gratis di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, ini menarik perhatian publik berkat kebaikannya. Warung di Dukuh Tembokrejo, Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen, ini berdiri berkat sedekah sayuran atau bumbu dapur para warga.



Mengutip dari Solopos, Senin (18/5/2020), warga yang membutuhkan kebutuhan pokok tersebut boleh mengambil secara gratis. Aneka bahan makanan, sayuran, bumbu dapur, dan buah-buahan yang terbungkus plastik tergantung di sebuah papan kayu di pinggir Jalan Dukuh Tembokrejo, Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen.

Bungkusan plastik itu berisi berbagai bahan makanan, mulai tempe, tahu, cabai, sayur bayam, terong, cabai, telur ayam, mi instan, kacang panjang, buah semangka, kerupuk, penyedap rasa, bumbu dapur, dan lain-lain.Oleh warga sekitar, aneka bahan makanan itu sengaja digantung di papan kayu. Warga bisa mendapatkan sayuran dari kebun sendiri atau membeli di pasar.

Sebagian bahan makanan itu sengaja digantung di papan kayu supaya bisa diambil oleh warga yang membutuhkan.

Warga juga bisa menukar bahan makanan yang dibawa dari rumah dengan bahan makanan yang tergantung di papan kayu di Warung Sedekah Gratis tersebut.

Di masa pendemi virus corona (covid-19) ini setiap orang bisa membawa pulang bahan makanan di Warung Sedekat Gratis. Terlebih bagi mereka yang kondisi perekonominya benar-benar terguncang karena akibat covid-19.

"Alhamdulillah ini saya mengambil tempe dan sayuran. Rencana mau dibuat sayur oblok. Bagi saya, adanya Warung Sedekah Gratis ini sangat membantu. Apalagi suami saya sedang merantau di luar kota, sementara di sini saya tidak ada pekerjaan," ujar salah seorang di sana bernama Wulan (35), Minggu 17 Mei 2020, dikutip dari Solopos.

Warung Sedekah Gratis sudah berdiri di tiga dukuh di Desa Sepat yakni Tembokrejo, Wonorejo, dan Plosorejo. Rencananya Warung Sedekah Gratis didirikan di 14 dukuh di Desa Sepat.

Bentuk warung ini tidak seperti pada umumnya. Warung ini lebih mirip dengan pagar kayu. Di pagar itu terdapat sejumlah paku yang bisa dipakai sebagai tempat menautkan aneka bahan makanan dalam bungkus plastik.

"Warga antusias dengan program ini. Ini warung dari warga dan untuk warga. Pada hari pertama, pasokan bahan makanan yang dipasang warga sudah habis dalam hitungan menit. Biasanya warga memasok makanan itu tiap pagi dan siang hari. Harapan kami dengan Warung Sedekah Gratis ini tidak ada warga yang kelaparan di tengah pandemi," jelas Kepala Desa Sepat Mulyono.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.