Mudik dari Brunei Darussalam, 16 TKI Dijemput Petugas Pakai APD Lengkap di Terminal


Sebanyak 16 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang baru kembali dari Brunei Darussalam dijemput petugas yang memakai alat pelindung diri (APD) lengkap di Terminal Bus Kota Madiun, Jawa Timur. Kapolres Madiun Kota AKBP R Bobby Aria Prakasa mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu (17/5/2020) malam.

Petugas medis ingin memastikan 16 TKI yang baru saja kembali ke Tanah Air itu tidak terpapar virus corona baru atau Covid-19.

"Tadi malam ada sekitar 16 TKI yang baru pulang dari Brunei, mereka berasal dari Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Ngawi, dan Magetan," kata Bobby saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (18/5/2020). Bobby menceritakan, kedatangan 16 TKI itu disambut Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Madiun, TNI, dan Polri, di terminal. 

Petugas yang mengenakan APD lengkap langsung menyemprotkan cairan disinfektan kepada para TKI dan barang bawaan mereka. “Kami juga mendata asal masing-masing TKI. Selain itu petugas juga memeriksa suhu tubuh para pekerja migran yang baru mudik dari Brunei Darussalam itu,” kata Bobby.


Menurutnya, sebanyak dua TKI asal Madiun langsung dibawa ke lokasi karantina yang telah disipakan pemerintah. Sementara TKI lainnya dipulangkan ke daerah asal. Tim gugus tugas juga menyemprot seluruh area terminal yang dilewati para TKI itu dengan cairan disinfektan. Bus yang ditumpangi pun disemprot cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.