Nutrisi Ini Bermanfaat untuk Kurangi Nyeri saat Menstruasi



Saat menstruasi bisa menjadi momen tidak menyenangkan bagi banyak perempuan. Meskipun ada sebagian yang cukup mudah melewati awal-awal datangnya menstruasi tanpa gejala apa pun, namun ada juga yang mengalami kesulitan sehingga tidak bisa beraktivitas secara normal.


Kesulitan itu umumnya disebabkan oleh beberapa keluhan seperti kram, sakit kepala, dan gejala menstruasi lain. Untuk menyiasati hal tersebut, tidak sedikit perempuan yang meminum pil dan mencoba pengobatan rumahan untuk meredakan gejalanya.

Perlu diketahui, sebenarnya ada cara lain yang lebih sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Salah satunya adalah dengan melakukan perubahan kecil dalam program diet Anda. Selain dari asupan air yang cukup, masukkan pula beberapa nutrisi dalam menu diet Anda karena itu diyakini dapat membantu meringankan rasa sakit dan kram.

Dikutip dari laman Times of India, berikut adalah nutrisi yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet guna mengatasi permasalahan menstruasi.

1.Zat Besi
Menstruasi yang membuat Anda kesakitan dapat menyebabkan anemia karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Hal tersebut bisa memengaruhi perubahan suasana hati dan menjadikan tubuh lemas. Maka, tambahkanlah makanan yang kaya kandungan zat besi seperti kacang-kacangan, cokelat hitam, sayuran berdaun hijau, dan biji bunga matahari ke dalam menu harian Anda.

2.Magnesium
Magnesium diketahui bisa membantu mengatasi kecemasan, masalah tidur, sakit kepala, dan bahkan cukup efektif untuk mengurangi gejala kram saat menstruasi. Anda dapat memasukkan bahan makanan seperti kacang mete, kedelai, bayam, almond, alpukat, pisang, dan kacang-kacangan di dalam menu diet.

3.Serat
Selain kram dan sakit kepala, rasa kembung juga merupakan gejala umum menstruasi yang biasa dijumpai. Kondisi ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak sabar. Beberapa makanan seperti apel, kacang-kacangan, biji chia, dan ubi jalar adalah bahan pangan kaya serat dan Anda bisa memakannya secara terus-menerus karena menyehatkan. 


4.Vitamin B
Telur, makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah beberapa bahan pangan dengan sumber vitamin B yang baik serta harus dimasukkan ke dalam menu diet. Asupan vitamin B sangat penting karena dapat mengurangi semua gejala siklus menstruasi bulanan seperti nyeri, kram, bahkan kelelahan.

5.Kalsium
Selama menstruasi, jangan lupa juga untuk menambah asupan kalsium karena dapat mengurangi kram menstruasi, kembung, dan retensi air dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi produk-produk susu seperti susu atau yoghurt, kacang almond, brokoli, dan sayuran hijau dalam diet.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.