Taiwan merasakan efek Topan Vongfong pada hari Sabtu



Pinggiran topan pertama tahun ini, yang saat ini menghantam Filipina, diperkirakan akan mencapai Taiwan pada Sabtu (16 Mei), membawa hujan dan gelombang besar Taiwan selatan dan timur, dengan kemungkinan peringatan laut.


Pada pukul 02:00 pagi ini (15 Mei), Topan Vongfong (黃蜂, tawon) terletak 1.090 kilometer tenggara ujung selatan Taiwan Eluanbi dan bergerak ke barat laut dengan kecepatan 17 kilometer per jam (kpj), menurut Biro Cuaca Pusat. (CWB). Badai ini memiliki radius 150 kilometer dan mengepak angin berkelanjutan maksimum 118 kpj dengan hembusan hingga 154 kpj.

Saat Vongfong di Filipina, ia mulai melemah. Pada hari Sabtu dan Minggu (17 Mei), CWB memperkirakan bahwa badai akan membawa hujan atau badai yang tersebar ke Taiwan selatan dan timur.

Mulai hari ini, wilayah pesisir Taiwan barat daya dan timur (termasuk Pulau Anggrek dan Pulau Hijau) dan Semenanjung Hengchun akan mulai melihat ombak besar. Sementara itu, awan rendah atau kabut di Kinmen dan Matsu cenderung memengaruhi jarak pandang.

Dalam hal intensitas, CWB memberi peringkat badai pada batas bawah dari topan moderat dan diperkirakan akan melemah menjadi topan ringan pada saat mencapai Bashi Channel. Namun demikian, CWB tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa ia dapat mengeluarkan peringatan laut untuk badai tersebut.

CWB memperkirakan bahwa badai kemungkinan akan membawa curah hujan ke Taiwan timur dan Semenanjung Hengchun dan petir sore di seluruh Taiwan dari Sabtu hingga Minggu. Pada hari Senin (18 Mei), bagian depan hujan prem diperkirakan akan tiba dan CWB memperkirakan akan membawa hujan dan badai di seluruh negeri dari 19 Mei hingga 23 Mei.


Di Filipina, topan mendarat di San Policarpo di Samar Timur pada jam 12:15, menurut Philippe Atmospheric Geophysical and Astronomical (PAGASA). Badan cuaca menambahkan bahwa topan membawa angin kencang dan hujan lebat ke provinsi Samar, Samar Timur, dan Samar Utara.

Hujan deras juga dilaporkan di Masbate, Sorsogon, Catanduanes, Albay, Camarines Sur, dan seluruh Visayas Timur. Hari ini PAGASA memprediksi hujan deras di wilayah Bicol, dan hujan sedang hingga berat di Samar Utara, Quezon, Aurora, Marinduque, dan Romblon.

Sumber:taiwannews

No comments

Powered by Blogger.