Taruh Ponsel di Samping Tempat Tidur Tiap Malam, 5 Hal Ini Akan Terjadi pada Anda



     Ponsel pintar telah menjadi salah satu yang tak bisa lepas dari tangan manusia. Padahal, ada beberapa konsekuensi kesehatan yang negatif dari penggunaan ponsel yang tak bisa dibiarkan begitu saja.



Terlebih lagi, bila Anda begitu melekat pada ponsel bahkan hingga larut malam. Ini amat berbahaya.

Berikut ini bahayanya seperti dilansir dari Heartyaging:

1. Anda bisa membakar bantal Anda

Di bawah bantal adalah tempat yang nyaman sehingga banyak orang menyimpan ponsel mereka di sana. Tapi ini dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Semua ponsel menghasilkan sejumlah panas saat berfungsi. Menempatkannya di bawah bantal membuat panasnya tak bisa berkurang karena sirkulasi udara dan dalam kasus yang ekstrem dapat menyebabkan kebakaran.

2. Anda akan kesulitan tidur

Lampu yang dipancarkan oleh ponsel, tablet, TV, dan gawai apapun dengan layar LED disebut cahaya biru. Panjang gelombang cahaya biru mirip dengan cahaya di siang hari dan mengirim tubuh kita pesan bahwa sudah waktunya untuk bangun.

Padahal manusia cenderung untuk terjaga ketika cahaya terang dan tertidur ketika gelap. Ini disebut ritme sikardian dan cahaya ponsel dapat memotong waktu tidur tersebut.

Produksi hormon melatonin pemicu tidur cenderung terbatas ketika Anda menggunakan ponsel di tempat tidur pada malam hari. Tentu, pada akhirnya Anda akan kelelahan dan jatuh tertidur tapi ini telah memotong waktu tidur Anda.

Letakkan ponsel setidaknya satu jam sebelum waktu tidur yang Anda inginkan untuk mendapatkan tidur yang cukup berkualitas.

3. Anda dapat membahayakan kesehatan Anda

Penelitian tentang kemungkinan hubungan antara ponsel dan kanker masih dalam perkembangangan. Tapi, ponsel memang mengeluarkan beberapa radiasi elektromagnetik.

Ini jenis yang sama dengan yang ada pada sinar-X dan gelombang mikro. Gelombang seperti ini dapat menyebabkan tumor dalam jumlah tinggi.

Meskipun level yang dipancarkan oleh ponsel rendah, WHO memperingatkan bahwa paparan yang terlalu lama bisa berbahaya, terutama pada anak-anak.

4. Anda tak sebahagia yang Anda bisa

Manusia tidak berevolusi untuk mendapatkan kesenangan dari mesin. Hubungan interpersonal lah yang memberikan pemenuhan sejati pada jiwa.

Sebuah penelitian terbaru bertujuan untuk menunjukkan bahwa hidup lebih baik tanpa ponsel pada malam hari. Sebanyak 49 peserta diminta untuk menjaga ponsel mereka di luar kamar tidur selama seminggu.

Ternyata bahkan hanya dalam waktu sesingkat itu, para peserta merasa lebih bahagia dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Mereka melaporkan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, merasa kurang cemas, dan meningkatkan hubungan mereka dengan orang lain.

5. Prioritas Anda menjadi rusak

Lebih baik untuk hubungan Anda dan kesejahteraan Anda untuk melakukan sesuatu selain bermain ponsel sebelum tidur. Tetapi ketika Anda menaruhnya, Anda cenderung mengambilnya setiap kali ia mengeluarkan suara.

Setiap berita, teks, atau pemberitahuan media sosial akan mengalihkan perhatian Anda dari apa yang Anda lakukan. Padahal saat itu Anda tengah berbicara dengan pasangan, membaca dengan anak-anak Anda, atau hanya mengambil waktu untuk tenang.

Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.