Tips Mengurangi Rasa Haus saat Puasa

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Ramadan adalah bulan suci penuh berkah. Tindakan tanpa pamrih untuk menghindari makanan dan minuman dari pagi hingga senja. Berpuasa seharian memungkinkan tubuh menjadi dehidrasi. Tips untuk mengatasi kekurangan cairan selama bulan Ramadan adalah hidrasi tubuh kita dengan mengonsumsi banyak air putih. Alih-alih mengonsumsi minuman bersoda tepat setelah berbuka puasa, inilah cara untuk menghindari tenggorokan dan mulut kering selama berpuasa.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Konsumsi Yogurt

Mengonsumsi satu cangkir atau satu cup yogurt mengandung 85% air. Setelah memperhitungkan semua manfaat nutrisi, yogurt bisa menjadi pilihan yang baik untuk meberikan cukup cairan pada tubuh. Campurkan yogurt pada smoothie suapaya lebih nikmat.

Hindari Kegiatan yang Menguras Tenaga

Latihan berat, paparan panas, dan perubahan suhu, semua itu tentunya akan menguapkan air dari tubuhmu, jadi sebisa mungkin untuk menghindari sinar matahari yang berlebihan. Salah satu tips penting adalah menjaga tubuh saat berpuasa. Jalankan tugas setelah berbuka puasa, dengan cara ini dirimu dapat mencerna makanan dan minuman sebanyak yang diinginkan.

Konsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

Saat menjalankan puasa ada baiknya untuk memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. Perbanyak makanan yang mengandung banyak air seperti buah semangkan mentimun, selad dan tomat bisa menjadi hidangan saat berbuka dan sahur. Buah-buahan yang mengandung air dapat melembabkan tubuh tetapi juga dipenuhi dengan manfaat nutrisi yang membantu tubuh tetap dalam kondisi terhidrasi.

Hindari Makanan Pedas dan Asin

Ketika hendak berpuasa sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang pedas atau asin. Saat mengonsumsi makanan pedas dan asin memungkinkan tubuh mengalami dehidrasi lebih cepat. Melansir dari hallosehat.com (5/8) mengungkapkan bahwa garam terdiri dari zat gizi yang disebut dengan natrium. Di dalam tubuh zat natrium memang memiliki peran utama yaitu sebagai pengatur cairan tubuh, sehingga jika kadarnya tidak normal akan mengganggu jumlah cairan dalam tubuh.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Mandi di Siang Hari

Mandi air dingin dapat membantu tubuh merasa tetap terhidrasi. Demikian pula Sahabat Fimela dapat juga menggunakan handuk basah dan menepuknya di kepala dan wajah untuk menyegarkan. Mandi dengan air dingin dapat mengurangi rasa haus dan kelelahan. Ini bisa dilakukan saat dirimu hendak melakukan istirahat tidur siang, sebaiknya mandilah terlebih dahulu.

Bagitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dan yang tak kalah penting adalah tetap perhatikan waktu istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh supaya tidak letih secara berlebihan.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.