Waspadai Penggunaan Pembersih Tangan Tiap Hari, Ini Trik Mengatasinya!

https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Kita semua menggunakan pembersih tangan lebih dari sebelumnya karena pandemi virus corona. tapi, tidak mungkin jika kita setiap saat selalu mencuci tangan.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

Ketika Anda berada di luar, mengendarai mobil, bermain di taman atau hanya berbelanja, tidak selalu mungkin menggunakan sabun dan air untuk mencuci tangan.

Di sinilah kita semua harus bergantung pada pembersih tangan berbasis alcohol. Tetapi ada beberapa efek samping yang tidak menyenangkan dari menggunakan pembersih tangan setiap hari. Seperti dilansir Times of India, ada beberapa masalah ketika Anda selalu membersihkan tangan.

1. Penggunaan berlebihan dapat mengganggu mikrobioma
Sanitizer sedikit terlalu baik dalam membunuh bakteri dan itulah yang membuat kita aman dari berbagai penyakit. Tetapi aspek lain dari ini adalah, pembersih dapat mempengaruhi mikrobioma tubuh dalam beberapa cara, yang bisa berdampak buruk bagi kita.

Sanitizer membunuh bakteri yang bermanfaat bagi tubuh, yang pada gilirannya dapat merusak komunitas bakteri kita yang sehat. Satu-satunya solusi untuk ini adalah bahwa orang harus menggunakan pembersih tangan dengan hati-hati dan hanya ketika mereka tidak memiliki akses ke sabun dan air.

2. Penggunaan berlebihan bisa membuat bakteri lebih kuat
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pembersih tangan dengan bahan antibakteri dapat berkontribusi pada pengembangan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

Jadi, untuk mencegah terciptanya mikroba kecil yang menakutkan itu, cuci tangan Anda alih-alih meraih botol pembersih harus dilakukan, sebisa mungkin. Bakteri yang kebal antibiotik dapat mengembangkan kemampuan untuk mentolerir obat yang seharusnya dapat membunuh mereka.

3. Pembersih tangan tidak bisa menghilangkan kotoran secara efektif
Jika tangan Anda terlihat kotor, pembersih tangan tidak akan berfungsi. Pembersih tangan tidak menghilangkan kotoran dan kurang efektif membunuh virus kuman ketika tangan kotor. Aturan ini sama dalam situasi seperti ketika Anda mengganti popok, mengosongkan kotak sampah atau membersihkan permukaan yang kotor.

4. Penggunaan berlebihan bisa membuat tangan kering
Jika Anda menggunakan pembersih tangan setiap hari, Anda mungkin memperhatikan tangan Anda menjadi sangat kering. Alkohol dalam pembersih tangan dapat mengeringkan kulit Anda, tetapi ini dapat diperbaiki dengan menggunakan pelembab tangan dan tetap terhidrasi.

Atau cukup pilih sabun dan air untuk membersihkan tangan Anda. Apakah Anda mendapatkan intinya? Cuci tangan adalah raja, teman-teman!

5. Menelan dan menghirup pembersih setiap hari dapat meningkatkan risiko keracunan alkohol
Jika Anda mengonsumsi pembersih tangan, yang merupakan ide buruk, Anda berisiko mengalami keracunan alkohol. Jika Anda menyentuh beberapa di bibir Anda secara tidak sengaja, itu bukan masalah. Tetapi jika Anda menelan sedikit, Anda mungkin dalam kesulitan.

Center for Disease Control (CDC) mencatat bahwa anak-anak sangat beresiko menelan pembersih tangan, terutama jika wangi, berwarna cerah atau dikemas secara menarik. Jadi, jauhkan dari jangkauan anak-anak.
https://line.me/R/ti/p/%40rgl2765t

6. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia, pembersih tangan bisa berbahaya
Jika Anda bekerja dengan bahan kimia sepanjang hari, Anda pasti ingin memastikan tangan Anda bersih di akhir shift. Jika Anda bekerja dengan pembersih yang sangat kuat, bahan penghilang lemak dan pestisida, pembersih tangan adalah hal terakhir yang harus Anda jangkau. Ini karena kombinasi gel cair dan bahan kimia bisa sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine, pekerja pertanian yang menggunakan pembersih tangan telah meningkatkan tingkat pestisida dalam tubuh mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan pembersih.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.