5 Kebiasaan Sehat yang dapat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga


Konsisten dalam melakukan diet dan rencana olaharaga mungkin akan menjadi sulit bagi beberapa orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantumu makan lebih sedikit kalori dengan mudah, sehingga tidak khawatir terjadi penambahan berat badan dari dirimu. Berikut ini adalah cara yang efektif untuk menurunkan beratbadan dan membantu mencegah kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.


Mengunyah Makanan dengan Lembut

Mengunyah makanan hingga lembut dan makan lebih lambat, yang berhubungan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang dan ukuran porsi makan yang lebih sedikit. Seberapa cepat dirimu menghabiskan makanan juga dapat memengaruhi berat badan seseorang. Orang-orang dengan cara makan yang lebih cepat, lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada orang yang makan lebih lambat. Untuk membiasakan makan lebih lambat, ada baiknya untuk menghintung berapa kali dirimu mengunyah setiap gigitan.

Gunakan Pikiran Ukuran Kecil

Tren ini dapat menjadi alternatif menurunkan berat badan, karena menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantumu makan lebih sedikit dengan membuat porsi yang terlihat lebih banyak. Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat porsi makan tampak lebih seidkit. Sajikan makanan sehat dengan piring yang lebih besar, dan makanan yang kurang sehat dengan menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantumu merasa kenyang lebih lama. Serat dengan tekstur lebih kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan. Serat kental hanya ditemukan dalam makanan nabati seperti, kacang, sereal gandum, kubis Brussel, asparagus, jeruk dan biji rami.

Minum Air Secara Teratur

Air minum dapat membantu makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika meminimnya sebelum makan. Minum air sebanyak setengah liter sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan dapat mengurangi asupan kalori. Sebaiknya konsumsi air putih untuk mendapatkan hasil yang baik.

Tidur Nyenyak dan Hindari Stres

Orang terkadang mengabaikan tidur dan stres. Hal ini sebenarnya memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan, leptin, dan gherlin. Hormon lain seperti kortisol menjadi meningkatkan ketika seseorang mengalami stres. Memiliki hormon tersebut dapat meningkatkan rasa lapas dan cenderung menginginkan makanan yang kurang sehat, yang menyebabkan peningkatan asupan kalori yang lebih tinggi.

Banyak kebiasaan gaya hidup sederhana dapat membantu menurunkan berat badan. Sahabat Fimela dapat menggunakan piring lebih kecil, makan lebih lambat, minum air putih dan hindari makan di depan TV. Selain itu juga memprioritaskan makanan yang kaya protein dan serat juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Sumber:fimela

No comments

Powered by Blogger.